Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Berasal dari India, Asia Selatan, kari telah menjadi bumbu yang sangat populer di negara-negara Asia lainnya, khususnya di Asia Tenggara.

Kari merupakan salah satu bumbu masakan yang udah nggak asing lagi di negara kita, Indonesia. Berasal dari India, kini bumbu rempah yang memiliki rasa kuat ini sudah banyak dikenal di negara-negara lain sebagai bumbu kuliner.

Kari sendiri berasal dari bahasa Tamil yang artinya saus. Tapi ada perubahan makna dalam bahasa Inggris; curry yang artinya makanan yang diolah menggunakan bubuk kari. Jadi semua makanan yang menggunakan bumbu dari bubuk kari disebut curry.

Awalnya kari dikenalkan dan dikembangkan di India Selatan, kemudian berkembang meluas ke negara tetangganya seperti Pakistan dan Srilanka. Lalu mulai kembali meluas ke negara-negara lain termasuk di negara Barat.

Di negara-negara Barat, kari dibawa oleh Inggris yang menjajah India pada waktu dulu. Dikutip dari Kumparan.com, orang-orang Inggris senang untuk memamerkan bukti jajahannya dengan cara menyajikan kari ke tamu-tamu mereka.

Bahkan di pertengahan abad ke-19 buku-buku resep di Inggris dipenuhi dengan cara pembuatan kari. Mereka sangat-sangat suka dengan kari. Bahkan saat masa perdagangan, kari nggak pernah lupa untuk dibawa dan ikut disajikan serta diperkenalkan ke tempat yang mereka singgahi.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/09/26/b432f5bc-a466-4213-ac4b-441d6d4ba425.jpg

Salah satu negara yang juga sangat suka dengan kari adalah Jepang. Di Negeri Sakura sendiri kari diolah menjadi makanan yang cukup banyak disukai. Sebut saja chicken katsu curry yang menjadi menu favorit di restoran Jepang di sini. Di Jepang sendiri masyarakatnya sering makan kari dengan nasi yang bisa dilakukan beberapa kali dalam sebulan.

Dikutip dari vice.com, kari Jepang rasanya lebih manis, teksturnya lebih lembut dan kental. Warnanya lebih cokelat, berbeda dengan kari India yang lebih cair dan warnanya lebih terang. Di tiap daerah memiliki variasinya masing-masing. Tapi yang paling banyak disukai di sana adalah ayam dan babi katsu yang dimakan dengan nasi beserta saus kari.

Kari telah menjadi makanan Nasional Jepang meski awalnya bukan dari negara mereka. Itulah bukti kepopuleran kari yang sulit untuk dibantah. Bahkan dari negara yang berbeda budaya pun sangat suka dengan kari.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/09/26/abfe6039-217e-4841-9340-6a8651c27d3b.jpg

Nah untuk membuat bubuk kari diperlukan beberapa bahan rempah-rempah; ketumbar, merica, cabe, bubuk paprika, jintan putih, jintan manis, kunyit, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, adas manis, daun kari, dan cengkeh.

Lalu bagaimana kita yang tinggal di Indonesia bisa mengenal kari? Negara kita mengenal kari karena dibawa oleh para pedagang yang juga masuk dan mampir ke sini. Kuliner yang paling terkenal dengan olahan kari di Indonesia adalah gulai dan opor. Meski ada beberapa menu yang telah disesuaikan resepnya dengan bahan lokal yang ada di sana.

Bukan hanya di Indonesia, karena di Malaysia pun kari cukup akrab sebagai bumbu kuliner mereka. Bedanya bubuk kari yang biasa mereka gunakan dengan tambahan dari balcan. Kalo kari dari Thailand, santan justru ikut berperan dan mendominasi sebagai bahan dasar sausnya.

Nah, mau tau tentang berbagai macam kuliner Asia lainnya? Bisa langsung datang ke Endeus Festival pada tanggal 25-27 Oktober di Gandaria City, Jakarta. Di acara ini juga akan banyak aktivitas yang bisa dinikmati, mulai dari talk show bersama para pakar kuliner, menikmati berbagai macam kuliner yang beragam, mempercantik dapur di rumah dengan berbagai tenant yang menarik, hingga fun kids area untuk si kecil agar nggak bosan ketika menemani orang tuanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.