Kue khas Nusantara kaya akan penggunaan tepung demi mendapat tekstur yang beragam. Apa saja sih jenis tepung untuk kue nusantara?

Kue tradisional Indonesia tersedia dalam berbagai macam jenis. Bahan-bahan yang digunakan untuk kue tradisional Indonesia tentu saja berbeda sehingga memberikan rasa yang berbeda pula. Hampir semua kue tradisional Indonesia menggunakan tepung sebagai bahan utamanya. Jenis tepung yang digunakan untuk kue-kue ini berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis tepung yang biasa digunakan untuk kue nusantara.

1/ Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu jenis tepung yang umum digunakan untuk kue tradisional. Tepung ini banyak digunakan untuk sebagian besar kue tradisional baik dengan rasa asin ataupun manis, dari kue yang digoreng hingga dipanggang. Tepung terigu sendiri terdiri dari banyak jenis seperti tepung terigu protein rendah, sedang, dan tinggi. Untuk kue tradisional Indonesia biasanya menggunakan tepung terigu protein rendah dan sedang.

2/ Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe dibuat dari kacang hijau yang sudah digiling halus. Tepung ini biasanya dicampur dengan tepung sagu agar kue mempunyai tekstur yang ringan. Biasanya tepung hunkwe dijual dalam bungkus kertas berbentuk lonjong dengan aroma kacang hijau yang khas. Tepung hunkwe ini biasanya digunakan untuk cendol, kue centik manis, kue talam, hingga es gabus.

3/ Tepung Beras

Salah satu tepung yang populer untuk kue tradisional Indonesia adalah tepung beras. Tepung ini dibuat dari beras yang sudah digiling halus hingga berbentuk tepung. Tekstur tepung beras ini cukup keras sehingga biasanya digunakan untuk campuran pada gorengan. Tepung beras ini biasanya digunakan untuk kue nagasari, bubur sum-sum, apem, dan sebagainya.

4/ Tepung Tapioka dan Tepung Sagu

Tepung yang banyak digunakan untuk kue tradisional Indonesia yang lain adalah tepung tapioka dan tepung sagu. Sekilas dua jenis tepung ini mirip karena teksturnya yang sama-sama lengket. Namun tepung tapioka dibuat dari pati singkong atau ubi kayu sedangkan tepung sagu dibuat dari sari pati pohon sagu. Dua jenis tepung ini biasanya digunakan untuk campuran bakso, kue kering, dan sebagainya.

5/ Tepung Ketan

Tepung ketan adalah bahan yang juga banyak digunakan untuk kue Indonesia. Tepung yang satu ini dibuat dari beras ketan baik ketan putih atau ketan hitam. Tepung ketan biasanya digunakan untuk membuat onde-onde, gemblong, dan sebagainya. Yang membedakan tepung ketan putih dan hitam adalah warnanya namun dari segi rasa dan tekstur hampir sama.

6/ Tepung Maizena

Tepung jagung adalah salah satu tepung yang dibuat dari sari pati jagung. Teksturnya halus dan biasanya digunakan untuk mengentalkan sup. Selain itu, tepung maizena juga banyak dijadikan campuran kue bolu, puding, dan vla agar teksturnya lembut.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.