Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kelezatan hidangan seafood seperti kerang, harus dibarengi dengan pengetahuan jenisnya. Mana saja yang aman konsumsi agar nyaman menyantapnya?

Seafood merupakan makanan favorit banyak orang. Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh laut sehingga memiliki hasil laut yang melimpah. Sumber daya alam di laut banyak yang diolah menjadi makanan yang lezat salah satunya kerang. Kerang merupakan hewan bertubuh lunak namun memiliki cangkang yang sangat keras untuk melindungi tubuhnya yang lunak.

Kerang menjadi salah satu jenis seafood yang banyak disantap oleh masyarakat Indonesia. Bagi pecinta kerang rasanya belum puas jika makan seafood tanpa hidangan kerang. Rasanya yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi membuat kerang memiliki banyak konsumen yang setia.

Namun beberapa orang terkadang takut untuk memakan seafood yang terbuat dari kerang karena ada beberapa berita seseorang keracunan setelah makan kerang. Memang tidak semua jenis kerang aman untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu mari ENDEUSiast simak jenis kerang apakah yang aman untuk dikonsumsi.

1/ Kerang Hijau

Sesuai dengan namanya, kerang hijau memiliki cangkang berwarna hijau dan memiliki bentuk cangkang yang panjang. Bagian daging kerang hijau berwarna putih kekuningan. Kerang hijau bisa diolah dengan bumbu kuning atau jika ENDEUSiast menyukai masakan pedas bisa mengolahnya dengan bumbu saus padang.

2/ Kerang Bambu

Kerang bambu merupakan kerang yang unik karena berbeda dari kerang lainnya baiik dalam segi rasa maupun bentuk. Sesuai dengan namanya, kerang ini berbentuk silinder yang memanjang menyerupai bambu. Kerang bambu memiliki rasa gurih dan manis. Kerang bambu biasanya disebut lorjuk. Kerang ini merupakan kerang yang langka. Akan tetapi ENDEUSiast bisa menemukan olahan seafood dari kerang bambu di Jawa Timur dan Madura.

3/ Kerang Simping

Kerang simping berbentuk pipih dan menyerupai kipas. Kerang simping bisa juga disebut kerang serimping. Tekstur dari kerang ini yaitu padat dan kenyal. Kerang simping merupakan kerang yang aman untuk dimakan baik itu mentah atau matang. Jika ingin mencari kerang ini, ENDEUSiast bisa menemukannya di perairan kosmopolitan.

4/ Kerang Darah

Meskipun memiliki nama kerang darah, cangkang kerang ini tidak berwarna merah seperti darah. Warna cangkang kerang ini cokelat. Alasan mengapa kerang ini disebut kerang darah yaitu karena kerang ini mengeluarkan cairan merah seperti darah yang merupakan hemoglobin dan juga memiliki daging yang berwarna merah. Kerang ini cocok dimasak menggunakan berbagai bumbu baik yang dicampur secara langsung maupun bumbu yang hanya dicocol ketika memakannya. Selain itu, kerang ini dapat dibuat menjadi sate kerang .

5/ Kerang Tiram

Kerang tiram merupakan kerang yang cukup populer karena sering muncul di berbagai acara televisi yang bertema kuliner. Kerang tiram biasanya disajikan secara mentah karena rasanya yang segar dan enak meskipun belum dimasak. Akan tetapi kerang tiram juga bisa dimasak dengan cara dicampur dengan saus tiram

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.