Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sayur di Indonesia ada banyak sekali ragamnya. Ada yang lokal dan ada juga yang di impor dari negara lain seperti Jepang.

Hadirnya sayuran yang berasal dari Jepang ternyata menguntungkan bagi para petani di Indonesia. Pasalnya dari segi ekonomi, harga sayur asal Jepang memiliki nilai jual yang tinggi bila dibanding dengan sayur lokal.

Bukan berarti sayuran Indonesia itu jelek, hanya saja dilihat dari nilai jualnya. Selain itu, untuk cara budidayanya pun hampir sama dengan sayur lokal. Maka tidak heran banyak sekali ditemukan jenis sayur asal jepang di Indonesia. Mau tau apa saja itu? Simak pembahasannya dibawah ini.

1/ Edamame

Jenis sayur asal jepang yang satu ini memiliki nama lainnya yaitu kedelai jepang. Ciri-ciri dari Edamame adalah bentuknya yang hampir sama dengan kedelai biasa, hanya saja pada ukuran edamame lebih besar bila dibanding dengan kedelai biasa. Terdapat jenis kulit polong kuning, hitam dan hijau.

Sayangnya untuk memanen polongnya tidak dapat dilakukan secara bersamaan, jadi harus menunggu tanamannya berumur sekitar 65 hari baru dipilih pemetikannya. Jenis sayuran yang satu ini banyak diolah menjadi beragam masakan khas Indonesia salah satunya adalah sayur asam.

2/ Kabocha

Kabocha atau di Indonesia disebut dengan labu ini merupakan tanaman yang berasal dari Jepang. Bentuknya kecil dan mungil sehingga hanya memiliki berat sekitar 2 kg perbuah. Untuk kulitnya berwarna hijau tua dengan adanya bercak kekuningan atau cokelat muda. Pada saat ENDEUSiast mengupasnya maka akan melihat dagingnya yang berwarna kuning keemasan. Tampilan dagingnya sekilas mirip dengan kentang. Rasa buahnya ketika direbus terasa gurih dan manis sehingga cocok djadikan sebagai bahan olahan kolak. Bila masih muda, akan lebih enak bila diolah menjadi sayur khas Indonesia.

3/ Horenzo

ENDEUSiast yang sering mengolah bayam maka bila menemukan jenis sayur yang satu ini akan setuju bahwa tampilan dari horenzo mirip dengan bayam. Bentuk daunnya melebar ke arah bawah lalu akan menyempit dibagian ujungnya. Warnanya ada yang hijau muda hingga hijau tua. ENDEUSiast bisa memanfaatkan daunnya yang masih muda atau tua sebagai bahan olahan masakan tumisan, disayur atau hanya sekedar direbus saja.

4/ Gobo

Sayur asal Jepang ini memiliki bentuk yang menyerupai wortel atau lobak. Ciri-ciri dari sayur ini adalah bagian daunnya seperti perisai. Kegunaan dari sayuran ini bisa diolah menjadi sajian masakan seperti sayur atau tumisan. Terkadang Gobo juga diolah menjadi bahan utama dalam pembuatan gula dan kecap.

Demikianlah informasi mengenai jenis sayur asal Jepang yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.