Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan bagi ENDEUSiast yang punya penyakit maag perlu diperhatikan. Jangan sampai salah memilih asupan, malah menjadikan kamu sulit beraktivitas.

Sakit maag adalah penyakit pada sistem pencernaan yang membuat lambung kita terasa nyeri. Maag terjadi karena ada luka terbuka di lapisan dalam lambung kita. Penyakit ini tergolong mudah untuk disembuhkan. Namun, ENDEUSiast jangan meremehkan maag ya. Bila tidak segera ditangani, maag bisa menjadi parah.

Ada beberapa gejala maag yang perlu ENDEUSiast perhatikan, diantaranya adalah cepat merasa kenyang saat makan, mual, kembung pada perut bagian atas, sering bersendawa, nyeri pada ulu hati, dan rasa panas pada perut bagian atas dan di tengah dada. Rasa panas di bagian perut bagian atas dan di dada terjadi karena asam lambung telah naik sampai ke kerongkongan.

Tentu ENDEUSiast ngga mau kan aktivitasmu tergangung karena maagmu kambuh? Oleh karena itu, ENDEUSiast harus memperhatikan makananmu agar maagmu tidak kumat. Berikut ini makanan yang wajib ENDEUSiast hindari.

1/ Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas meningkatkan resiko iritasi pada saluran pencernaanmu. ENDEUSiast perlu menghindari makanan ini agar lambungmu tidak terluka. Pilihlah makan dengan tekstur yang lembut.

2/ Makanan dan Minuman yang Terlalu Asam

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon adalah makanan yang terlalu asam. ENDEUSiast harus menghindari makanan ini sebab makanan bersifat asam menyebabkan masalah pada organ pencernaanmu. Selain itu, minuman bersoda juga bersifat asam. Jadi, kurangi minuman bersoda ya!

3/ Susu

Susu memiliki kandungan laktosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Ketika ada makanan yang tidak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh, perut kita akam kembung dan menghasilkan gas. Hal ini akan memperparah kondisimu ketika sedang maag. Padahal susu memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Tenang saja, ENDEUSiast bisa mengganti susu dengan mengonsumsi yoghurt agar kebutuhan nutrisimu tetap terpenuhi. Agar lebih nikmat ENDEUSiast bisa mengkreasikan youhurt menjadi makanan yang sehat seperti Apple Pie Muesli .

4/ Gorengan

Gorengan adalah makanan yang mengandung lemak jahat. Lemak dapat memperlambat proses pencernaan oleh tubuh sehingga proses pencernaan tubuhmu terganggu. Selain itu, makanan ini susah dicerna oleh tubuh sehingga bisa membuat perutmu kembung. Hindari makanan ini agar maagmu tidak kambuh.

5/ Minuman yang Mengandung Kafein

Teh dan kopi adalah contoh minuman yang mengandung kafein. Jika ENDEUSiast meminum kopi atau teh berlebihan, asam lambungmu bisa naik. Jadi, jangan terlalu banyak minum minuman berkafein, ya. Lebih baik, ENDEUSiast meminum air mineral yang lebih sehat dan bermanfaat.

6/ Minuman Beralkohol

Alkohol bersifat iritatif yang dapat memperparah gejala maagmu. Alkohol dapat mengganggu metabolisme hati dan mengiritasi lapisan lambung sehingga bisa mengganggu proses pencernaan tubuhmu. Lagi pula, minuman ini tidak mengandung nutrisi.

Nah itu tadi makanan dan minuman yang harus ENDEUSiast hindari. Sebenarnya boleh saja ENDEUSiast menikmati makanan dan minuman itu, namun tetap pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mengetahui batasan asupanmu.Selain itu, ENDEUSiast harus pandai dan disiplin dalam menjaga porsimu makanan dan minumanmu agar tidak berlebihan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.