Awam dengan beberapa istilah memasak berikut?

"

Semakin tingginya minat orang dalam dunia kuliner, baik memasak makanan sendiri hingga memanjakan lidah di berbagai tempat makan, kita pun semakin sering mendengar istilah-istilah teknik memasak baru. Apa saja diantaranya:

1/ Blansir/Blanch

Teknik merebus sayuran dalam air mendidih yang dilakukan dalam waktu singkat (biasanya sekitar 3 menit, atau tergantung jenis dan ukuran sayuran). Setelah matang, sayuran lantas segera direndam ke dalam wadah berisi air es untuk memberhentikan proses pemasakan.

Tujuannya tidak hanya sekedar menjaga warna sayuran tetap cantik, tapi juga untuk mempertahankan nutrisi bahan.

2/ Simmering

Teknik memasak bahan makanan hingga mencapai titik didih, setelahnya api dikecilkan dan dimasak kembali hingga timbul gelembung-gelembung kecil. Biasa digunakan untuk memasak bahan cair seperti sauce atau makanan berkuah (agar santan tidak pecah).

3/ Poaching

Teknik memasak menggunakan api sedang dan dilakukan secara perlahan-lahan. Biasa digunakan dalam pembuatan poached egg atau egg benedict

4/ Steaming

Teknik mengukus hingga makanan matang.

5/ Roasting

Disebut juga dengan teknik memanggang menggunakan oven. Bahan yang digunakan biasanya berupa daging, yang sesekali sambil diolesi dengan cairan kaldu daging, atau bahan olesan lainnya, untuk memberikan rasa dan warna pada bagian luar.

Teknik melumuri daging saat dimasak tersebut dikenal dengan nama basting .

6/ Au Bain Marie

Dikenal dengan teknik double boiler . Caranya, wadah berisi bahan diletakkan di atas panci berisi air mendidih. Biasanya teknik ini dilakukan untuk melelehkan cokelat.

Proses pemanggangan juga bisa memakai teknik ini, seperti dalam pembuatan cheesecake atau pannacota .

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.