Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sayur bening sangat lezat disantap bersama sepiring nasi hangat. Ada berbagai jenis sayur yang cocok diolah menjadi sajian kuah bening.

Masakan yang menggunakan bahan olahan sayur sangat menyehatkan. Maka tidak heran bila anak kecil diharuskan makan sayur demi menunjang tumbuh kembang si anak itu. Salah satu masakan sayur yang paling mudah adalah sayur bening. Sajian yang satu ini biasanya dipadukan dengan tomat dan jagung agar rasanya segar. Lebih enak lagi bila dilengkapi dengan nasi putih hangat.

Namun, perlu ENDEUSiast ketahui bahwa tidak semua jenis sayuran bisa diolah menjadi sayur bening. Lalu apa saja jenis sayuran yang bisa dijadikan dimasak dengan kuah bening? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Bayam

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi bila sayur bening menggunakan bahan utama dari sayuran bayam. Sayuran yang satu ini juga memiliki 2 jenis ada yang berwarna hijau dan juga berwarna merah. Biasanya untuk sajian sayur bening menggunakan jenis bayam hijau.

Pilihlah bayam yang daunnya berbentuk kecil. Sebenarnya ada juga yang daunnya berbentuk lebar tetapi jenis tersebut lebih cocok diolah menjadi hidangan keripik bayam. Untuk memasaknya, ENDEUSiast harus memetik daun bayam dan pilihlah yang bagus. Setelah itu siapkan bawang merah dan temu kunci yang sudah dimemarkan. Masukkan ke dalam air rebusan dan setelah itu diikuti oleh daun bayamnya.

2/ Kangkung

Mungkin selama ini ENDEUSiast lebih banyak mengolah kangkung menjadi tumisan atau plecing kangkung. Tetapi siapa sangka ternyata kangkung juga bisa diolah menjadi masakan sayur bening.

Untuk cara memasaknya sama dengan sayur bayam. Siangi kangkung lalu cuci bersih dan siapkan semua bumbunya. Masukkan ke dalam air rebusan tunggu hingga beberapa saat baru diikuti dengan sayur kangkungnya. ENDEUSiast bisa menambahkan wortel, jagung dan tomat agar sajiannya lebih bervariasi.

3/ Oyong

Jenis sayur yang satu ini banyak dipilih untuk diolah menjadi sayur bening karena rasanya yang cenderung netral. Tekstur dari oyong juga terbilang cukup unik jadi bisa menjadi daya tarik pada sajiannya. Bila ingin mengolahnya menjadi sayur bening maka pilihlah jenis oyong yang masih muda. Ciri-ciri oyong yang masih muda adalah teksturnya halus serta rasanya manis. ENDEUSiast juga bisa menambahkan beberapa potong ayam agar rasanya menjadi lebih gurih.

Pada proses pemasakannya, terlebih dahulu masukkan potongan ayam lalu tunggu hingga setengah matang barulah ENDEUSiast bisa masukkan oyong yang sudah dipotong. Jangan dimasukkan secara bersamaan karena justru akan membuat oyong lembek.

Itulah beberapa jenis sayur yang cocok dimasak kuah bening. ENDEUSiast bisa memanfaatkannya bila tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.