Jenis Buah Salak yang Populer di Indonesia
Jenis Buah Salak yang Populer di Indonesia

Salak, salah satu buah populer di Indonesia ternyata memiliki jenis-jenis yang berbeda, lho.

Salak termasuk salah satu buah populer dan banyak disukai di Indonesia. Yuk, kenali 4 jenis buah salak yang bisa ENDEUSiast temukan dan santap!

Salak merupakan salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat. Salak memiliki kulit berwarna cokelat dan bersisik seperti ular, namun soal daging buah jangan ditanya lagi. Pastinya salak memiliki rasa yang manis dan renyah saat dikunyah. Oleh sebab itu, buah ini sering dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke suatu daerah. Salak bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai macam makanan, misalnya caesar salak salad .

Hampir setiap provinsi di daerah Indonesia memiliki jenis buah salak yang berbeda-beda. Namun setidaknya ada buah salak yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini jenis buah salak yang populer di Indonesia.

1. Salak Pondoh

Salak pondoh merupakan salak terbaik se-Indonesia. Salak ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan dibudidayakan di sekitar daerah Gunung Merapi. Salak ini tidak hanya dijual di pinggir-pinggir jalan namun juga dijual di supermarket bahkan diekspor ke luar negeri.

Salak pondoh memiliki rasa manis yang pas dan tidak asam sehingga cocok di semua lidah. Rasa manis salak pondoh tidak semanis salak madu, namun hal tersebutlah yang membuat salak ini disukai banyak orang. Ukuran salak pondoh cenderung lebih kecil jika dibanding salak lainnya. Akan tetapi hal tersebut justru menarik minat pembeli karena jika membeli kiloan akan mendapat jumlah salak yang lebih banyak dibanding jenis salak lainnya.

2. Salak Madu

Sesuai dengan namanya, salak ini memiliki rasa yang sangat manis seperti madu. Salak ini juga banyak dibudidayakan di Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Sleman. Salak madu memiliki kulit yang mengkilap dan lebih tipis dibanding salak pondoh. Daging buah salak jenis ini berwarna kekuningan dan berbentuk segitiga atau lonjong. Salak madu mengandung lebih banyak air daripada salak pondoh. Salak ini tidak mengenal musim karena dapat berbuah sepanjang tahun.

3. Salak Gading

Sama seperti salak pondoh dan salak madu, salak gading juga berasal dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Salak gading mudah dikenali lewat kulitnya. Salak gading memiliki kulit yang berwarna kuning gading. Salak ini memiliki cita rasa yang manis namun juga ada rasa asam di dalamnya.

4. Salak Gula Pasir

Sesuai dengan namanya, salak ini memiliki cita rasa yang manis seperti gula pasir. Salak gula pasir berasal dari Bali. Selain rasanya yang manis, salak gula pasir memiliki keunggulan dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Daging buah salak ini memiliki warna yang putih kusam. Salak gula pasir memiliki kulit yang berwarna cokelat kehitaman dan memiliki sisik yang kecil-kecil. Oleh sebab itu, salak gula pasir cenderung lebih sulit dikupas jika dibandingkan dengan salak jenis lainnya. Hal unik yang terdapat pada salak gula pasir yaitu sering ada 1-2 anakan salak.

Hmm, dari keempat jenis buah salak yang populer di Indonesia ini mana saja yang sudah pernah ENDEUSiast coba?

Endeustorial

Ikuti Instagram