Mau membeli wajan baru untuk dapurmu? Ingat tips ini yuk sebelum ENDEUSiast belanja wajan di toko agar nantinya alat berfungsi maksimal.

Wajan merupakan alat esensial dan wajib di dapur Indonesia. Berbagai masakan, baik goreng, tumis, kuah, diolah di sana. Maka dari itu, memiilih wajan ketika berbelanja harus diperhatikan betul-betul.

Ada banyak jenis, diameter, dan bentuk wajan di luar sana. Ini akan membuat bingung mana dan bagaimana memilih wajan yang tepat untuk di dapur. Oleh karena itu, sebelum memulai berburu alat ini, sebaiknya baca dahulu tipsnya agar wajanmu nanti berfunsi maksimal.

1/ Pilih dengan Pegangan Antipanas

Ingat ingat untuk memilih wajan dengan pegangan yang anti panas. Pegangan ini bertujuan agar ENDEUSiast tidak perlu repot menggunakan lap atau kain untuk mengangkat wajan. Hal ini tentunya akan memudahkan memindah wajan tanpa bantuan penahan panas.

2/ Perhatikan Jenis Material

Material wajan biasanya terdiri beberapa jenis misalnya keramik, porselen, besi, alumunium, dan sebagainya yang memiliki tingkat panas yang berbeda. Maka itu, pilih wajan yang sesuai dengan kebutuhan masak. Untuk menumis, carbon steel merupakan bahan yang baik. sedangkan besi dan anti lengket, cocok untuk melakukan goreng-goreng.

Perhatikan kelebihan dan kelemahan material juga. Misalnya pada anti lengket, ia mudah dicuci namun juga mudah tergores. Lalu wajan besi atau tembaga yang jauh lebih berumur panjang dari anti lengket, namun lebih mahal dan sulit dibersihkan. Di antara semuanya, mana yang ingin ENDEUSiast ambil?

3/ Kondisikan dengan Bentuk Kompor

Bentuk kompor diam-diam memiliki andil dalam pemilihan wajan ENDEUSiast. perhatikan kompor di rumah, apakah cocok dengan wajan dasar cekung atau datar? Kalau kompor memiliki penyangga, ENDEUSiast masih bisa menggunakan wajan dasar cekung.

Wajan ini juga cocok untuk masakan berkuah banyak dan porsi yang besar juga. Namun bila menggunakan kompor listrik yang berbidang datar, maka sebaiknya jauhi bentuk cekung. Pilih penggorengan datar, panci, atau teflon.

4/ Sesuaikan Kebutuhan Masak

Ada banyak pilihan ukuran wajan. Mulai dari yang kecil, hingga besar dengan diameter 30-35 centi meter. Untuk mengetahui kesesuaian dengan kebutuhan masak, ENDEUSiast harus memperhatikan jumlah orang rumah dan berapa banyak mereka makan dalam sekali menu.

Jika butuh sedikit, maka wajan dengan ukuran kecil cocok untuk dapurmu. Namun wajan dengan penggorengan besar, akan lebih ideal untuk ENDEUSiast yang senang memasak dengan porsi besar dan untuk banyak orang.

5/ Survey Harga

Sebelum mulai berbelanja, ingat untuk melakukan budgeting. Ini mempermudah jenis, ukuran, dan bentuk yang akan ENDEUSiast beli, serta mengontrol pengeluaran alat masak. Selain itu, pastikan harga dengan survey harga online. Platform di search engine memungkinkan ENDEUSiast membandingkkan harga dengan lebih mudah. Harga online memang tidak bisa dijadikan patokan harga di toko, namun tentu selisihnya tidak akan jauh.

Itulah tips yang harus ENDEUSiast ingat sebelum memutuskan membeli wajan baru. Membeli memang mudah, namun merawat itu sulit. Pastikan dahulu apa dan bagaimana barang yang ENDEUSiast ingin dapatkan. Nah, selamat berbelanja!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.