Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Berbagai jajanan olahan aci dari Bandung. Yang mana favoritmu?

Orang Bandung selalu mempunyai cara yang unik dan kreatif dalam segala hal, tak terkecuali pada kreasi kuliner. Saking uniknya, bahkan jajanan asal Kota Kembang ini sampai terkenal di kota lain. Sehingga membuat orang begitu mengagumi makanan khas Bandung karena rasanya yang bisa memuaskan lidah. Bahan dasar pembuatan makanan khas Bandung yang sukses membuat orang ketagihan yaitu aci.

Bagi yang belum tau, aci merupakan tepung tapioka atau sering disebut juga dengan tepung kanji. Salah satu makanan kota kembang yang kerap digandrungi oleh para wisatawan adalah jajanan khasnya. Jajanan yang kerap mengundang selera ini menggunakan bahan dasar dari tepung kanji alias aci.

Tepung ini berasal dari jenis umbi-umbian dari akar ketela pohon yang sering kita sebut dengan singkong. Kemudian diekstrak dan diambil sari patinya sehingga memiliki banyak kegunaan untuk memasak. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis jajanan khas Kota Kembang yang terbuat dari aci.

1. Cilok

Bentuknya sendiri tergolong unik yaitu bulat-bulat kecil yang hampir menyerupai kelereng. Sesuai namanya, cilok diambil dari kata aci dicolok. Diberi kata colok karena cara memakannya sendiri sering ditusuk alias dicolok menggunakan batang lidi.

Yang paling menarik, taburan bumbu kacangnya yang sukses membuat orang tergila-gila karena rasanya yang enak. Kita juga dapat menambahkan saus sambal, kecap, saus tomat, bahkan bumbu balado agar rasanya semakin lezat.

2. Cireng

Cara pembuatan aci ini sedikit berbeda dengan cilok yang direbus, karena tinggal digoreng saja. Sehingga tak heran jika namanya cireng alias aci digoreng. Proses pembuatannya pun sangat mudah sehingga kita bisa membuatnya di rumah.

Berikut ini merupakan contoh resep membuat cireng isi . Kita dapat menambahkan isian di dalamnya sesuai selera agar lebih menggoda selera makan. Seperti halnya abon, keju, daging ayam, sosis, bahkan inovasi baru seperti cireng rujak.

3. Cimol

Meskipun bentuknya sama bulat dengan cilok, namun proses pembuatan ini sangatlah berbeda. Bahannya pun juga sedikit berbeda, namun juga tetap menggunakan tepung kanji.

Biasanya, cimol ini menggunakan bahan tambahan berupa tepung terigu di dalam adonannya. Setelah itu digoreng sampai matang kemudian disajikan dalam keadaan hangat. Bumbu yang digunakan pun biasanya menggunakan bubuk keju, bubuk cabe, hingga bubuk balado.

4. Bakso aci

Jika kita suka jajanan yang berkuah, maka cobalah membuat bakso aci ini. Karena kuahnya yang segar dan kental sangat memanjakan lidah. Bahan yang digunakan pun sangat simpel dan tidak ribet. Persis saat membuat cilok. Hanya saja ditambah dengan pelengkap seperti bakso dan juga snack pilus. Jangan lupa beri taburan irisan daun bawang, tahu, dan cuangki di atasnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya