Jajanan Dari Jagung Dijadikan Camilan Santai
Jajanan Dari Jagung Dijadikan Camilan Santai

Jajanan Dari Jagung Dijadikan Camilan Santai

Jajanan yang terbuat dari jagung cukup beragam. Tidak salah bila ENDEUSiast menjadikannya sebagai camilan dikala waktu senggang.

Bagi sebagian orang Indonesia, tidak hanya nasi saja yang menjadi makanan pokok namun jagung sudah sejak lama dianggap sebagai pengganti nasi dalam menu makanan pokok. Bulir-bulir kuning pada jagung dapat mengenyangkan, jadi tidak perlu makan nasi lagi. Selain itu, jagung juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan sehingga tidak heran bila telah banyak jajanan yang menghadirkan sajian menggunakan bahan olahan jagung.

Jagung manis dan jagung bakar terbilang cukup populer sebagai jajanan kesukaan masyarakat Indonesia tetapi masih banyak juga bahan olahan jagung dengan aneka rasa yang bisa ENDEUSiast nikmati sebagai camilan ketika bersantai. Mau tahu apa saja itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1/ Bakwan Jagung

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Nama lain dari bakwan jagung adalah perkedel jagung. Bagi ENDEUSiast yang suka dengan rasa gurih maka tidak boleh melewatkan jajanan yang satu ini. Bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk mencarinya dan juga proses pembuatannya sangat praktis.

ENDEUSiast cukup mencampurkan pipilan jagung dengan bahan yang sudah tersedia seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun bawang dan tepung terigu. Setelah itu masukkan air sedikit saja agar bahan menjadi adonan. jangan terlalu encer karena nanti akan susah bila digoreng. Siapkan minyak goreng panas lalu masukkan adonannya dan goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Untuk kreasi bakwan dari bahan kulit ayam bisa ENDEUSiast lihat resepnya di sini.

2/ Nagasari Jagung

Ketika ENDEUSiast pergi ke pasar pasti sering menemukan jajanan yang bernama nagasari. Aslinya, nagasari menggunakan isian seperti pisang dengan cita rasa yang manis. Tetapi untuk jajanan yang satu ini bahannya bukan menggunakan pisang melainkan buliran jagung manis. Bahan yang diperlukan untuk membuat nagasari jagung diantaranya adalah buliran jagung, santan, garam, gula, air dan tepung hunkwe. Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk ENDEUSiast yang suka dengan camilan manis.

3/ Grontol Jagung

Dari sekian banyak jajanan/street food dari bahan olahan jagung, mungkin jajanan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Untuk membuatnya, ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan buliran jagung manis lalu campurkan dengan gula dan kelapa parut. Bila ENDEUSiast ingin menambahkan cita rasa yang berbeda dari jajanan ini maka bisa menggunakan parutan keju dan susu di atas grontol jagung. Maka jadilah makanan sederhana dan menyehatkan ini.

Itulah beberapa jajanan yang menggunakan bahan olahan jagung. Semuanya bisa ENDEUSiast buat dengan mudah di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit untuk mencarinya baik di pasar tradisional maupun swalayan.

Endeustorial

Ikuti Instagram