Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Apa saja sih makanan yang sering disajikan ketika Halloween?

Selain dekorasi bertema seram, perayaan Halloween juga menyuguhkan makanan-makanan yang khas. Perayaan Halloween ini biasanya diadakan pada akhir bulan Oktober yang biasa digelar di negara-negara Eropa dan Amerika.

Sekarang perayaan Halloween sudah menyebar ke seluruh dunia, namun ada beberapa makanan khas yang hampir selalu ada ketika perayaan ini. Berikut ini beberapa makanan yang hampir selalu ada ketika perayaan Halloween di negara Eropa dan Amerika.

1/ Labu dan jack-o-lanterns

Halloween biasanya diadakan ketika musim gugur dan sering diidentikkan dengan labu. Salah satunya adalah jack-o-lantern atau labu yang diukir sehingga memiliki wajah atau pumpkin face dan bagian dalamnya diberi nyala lilin dan nampak seram. Selain jack-o-lantern, labu juga diolah menjadi berbagai makanan lain seperti pai labu, pumpkin spice latte, dan bahkan bijinya disimpan sebagai camilan.

2/ Barmbrack

Irlandia dipercaya sebagai negara asal muasal Halloween. Di negara ini ada satu hidangan khas pada perayaan Halloween yaitu barmbrack. Makanan yang satu ini adalah sejenis cake atau bolu buah khas Irlandia.

Pada perayaan Halloween, cake ini diberi isian cincin, koin, dan kancing sebagai bagian dari ritual Halloween. Benda-benda ini mempunyai perlambang sendiri yaitu cincin melambangkan perkawinan dan koin dan kancing melambangakn kekayaan.

3/ Pan de Muerto

Di Amerika Latin dan Meksiko juga ada perayaan serupa dengan Halloween yang disebut Dia de los Muertos yang diadakan pada tanggal 1 dan 2 November. Pada perayaan tersebut, orang Meksiko dan Amerika Latin percaya bila gerbang menuju surga terbuka pada tengah malam tanggal 31 Oktober, sehingga orang yang sudah meninggal bisa berkumpul dengan keluarganya pada tanggal 1 November untuk arwah anak-anak dan 2 November untuk arwah orang dewasa.

Makanan yang biasanya disajikan ketika perayaan ini adalah pan de muertos yang disajikan secara lengkap dengan makanan lain yaitu tortilla, kalkun, kacang-kacangan, hingga rokok dan arak.

4/ Bonfire toffee

Di Inggris, salah satu makanan khas pada perayaan Halloween adalah toffee. Makanan yang satu ini dibuat dari karamelisasi gula dan susu sehingga rasanya manis. Warna coklat pada toffee ini dihasilkan dari proses karamelisasi . Bila dibuat dengan susu dan lemak, tekstur toffe akan lunak, namun bila tanpa susu dan lemak teksturnya akan berubah menjadi hard candy atau permen keras.

5/ Candied apples dan candy corn

Selain labu, musim gugur adalah waktunya untuk panen apel. Di Amerika, perayaan Halloween tidak lengkap tanpa candied apple atau apple yang dicelup dalam sirup gula dan juga candy corn atau permen berbentuk jagung. Candy corn ini bisanya diberikan pada anak-anak untuk melakukan trick-or-treat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.