Inspirasi Olahan Buah untuk Sarapan yang Sehat dan Segar
Inspirasi Olahan Buah untuk Sarapan yang Sehat dan Segar

Menyantap buah sebagai santapan kala sarapan juga mampu mengenyangkan tubuh. Berikut beberapa inspirasi olahan buah yang bisa dicoba.

Buah adalah salah satu alternatif makanan sehat untuk sarapan. Buah mengandung serat yang tinggi sehingga membantu membuat ENDEUSiast kenyang lebih lama. Selain itu, rasa buah yang manis dan asam membuat sarapan semakin berselera. Agar masakan buah tidak membosankan, ENDEUSiast bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan berikut ini.

1/ Smoothie

Smoothie adalah salah satu makanan yang sedang tren untuk sarapan. Makanan yang satu ini menjadi trend sarapan sehat masyarakat urban untuk makanan sehat dan kaya serat. Smoothies bisa disajikan seperti jus ataupun dibuat menjadi smoothies bowl. Membuat smoothies juga sangat mudah, ENDEUSiast bisa mengkombinasikan beberapa buah seperti pisang, blueberry, selai kacang, flaxseed, dan sebagainya. Blender semua buah hingga halus dan tuang dalam mangkuk lalu berikan beberapa topping buah dan kacang-kacangan sesuai selera.

2/ Jus Buah

Jus buah adalah pilihan menu sarapan yang paling praktis dan mudah. Selain menyegarkan, jus buah juga kaya serat dan air. Selain buah-buahan, jus juga bisa ditambahkan dengan sayuran seperti sawi, kale, bayam, seledri, dan sebagainya. Bila dikonsumsi sebagai menu sarapan, sebaiknya jus buah tidak diberi tambahan gula atau pemanis buatan agar tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Selain itu, jangan buang ampas jus agar bisa menjadi menu sarapan yang segar. Jangan lupa imbangi jus buah dengan makanan yang lain agar nutrisi tubuh tercukupi.

3/ Salad Buah

Salad buah adalah olahan buah yang segar dan cocok untuk sarapan. ENDEUSiast bisa mencampur berbagai macam buah-buahan yang sudah dipotong dan didinginkan di kulkas. Campur semua buah-buahan menjadi satu dan siram dengan saus dressing. Agar salad buah tidak mengandung kalori yang tinggi, hindari menggunakan susu kental manis dan mayonais sebagai dressing. Gunakan yogurt rendah lemak dengan perasan jeruk lemon sebagai alternatif dressing salad rendah lemak.

4/ Puding Buah

Puding buah juga bisa menjadi salah satu alternatif menu sarapan yang sehat. Makanan yang satu ini termasuk praktis karena bisa dibuat satu hari sebelumnya dan disimpan dalam kulkas. ENDEUSiast bisa menggunakan mangga atau alpukat untuk campuran puding yang kaya serat dan vitamin.

5/ Topping Sereal, Pancake, Atau Waffle

Buah juga bisa digunakan sebagai topping sereal, pancake, dan waffle. Menambahkan buah sebagai topping waffle, pancake, atau sereal bisa memberikan tambahan nutrisi. Selain itu, rasa buah yang segar dan manis alami bisa mengurangi penggunaan dressing manis dengan kalori yang tinggi. ENDEUSiast bisa menambahkan irisan strawberry, kiwi, blueberry, pisang, dan sebagainya sebagai toping. Rasa segar dari buah-buahan bisa meningkatkan selera makan.

Endeustorial

Ikuti Instagram