Inspirasi Cara Memasak Daging Ayam Lebih Sehat untuk Dikonsumsi
Inspirasi Cara Memasak Daging Ayam Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Meskipun daging ayam termasuk makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak, namun proses pengolahan juga menentukan sehat atau tidaknya suatu makanan.

Meskipun daging ayam termasuk makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak, namun proses pengolahan juga menentukan sehat atau tidaknya suatu makanan.

Daging ayam adalah salah satu menu makanan yang baik dikonsumsi selama diet. Daging ayam terutama bagian dada mempunyai kandungan lemak yang sedikit bila dibanding dengan protein yang lain. Meskipun daging ayam termasuk makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak, namun proses pengolahan daging juga menentukan sehat atau tidaknya suatu makanan. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk memasak daging ayam agar tetap sehat dan kaya nutrisi.

1.

Panggang atau Bakar

Mengolah daging ayam dengan cara memanggang atau membakar adaah pilihan yang tepat. Dua cara ini membuat nutrisi daging ayam tetap terjaga dan tidak menyebabkan kenaikan kalori. Selain itu, memasak daging ayam tanpa media air atau minyak membuat nutrisi didalam daging tidak larut. Agar memanggang daging tetap sehat tanpa resiko kanker atau karsinogenik, ENDEUSiast bisa memanggang ayam dengan cara oven atau pemanggang dengan gas/listrik.

Sebisa mungkin hindari memanggang daging ayam dengan arang secara langsung. Bila memang terpaksa harus menggunakan arang, ENDEUSiast bisa mengalasi daging ayam dengan daun pisang terlebih dahulu. Daun pisang membantu mengurangi residua rang pada daging serta memberikan aroma lezat pada masakan.

1.

Tumis

Cara memasak daging ayam yang paling sehat selanjutnya adalah tumis. Memasak daging dengan cara tumis membuat rasa daging tetap lembut dan tidak kering. Selain itu, menumis daging juga membutuhkan sedikit minyak sehingga membuat kalori daging sapi tidak bertambah. Agar asupan nutrisi lebih seimbang, ENDEUSiast bisa menambahkan sayuran seperti wortel, brokoli, kacang panjang, dan sebagainya. Setelah daging ayam diiris dengan ukuran yang dikehendaki, ENDEUSiast bisa menambahkan beberapa sendok tepung maizena dna bumbu marinasi. cara ini membantu daging ayam agar tetap lembut dan tidak hambar setelah dimasak.

1.

Rebus

Salah satu cara sehat untuk memasak daging ayam adalah dengan cara merebus. ENDEUSiast bisa memasak daging ayam untuk dijadikan sup ataupun sekedar direbus saja. Daging ayam yang dibuat untuk makanan berkuah seperti sup mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk penyembugan flu, penurunan berat badan, serta menguatkan imun tubuh.

Selain dibuat sup, daging ayam juga bisa direbus dengan bumbu-bumbu. Daging ayam rebus ini bisa digunakan sebagai campuran salad ayam yang sehat dengan kandungan kalori yang rendah.

1.

Pepes

Olahan daging ayam yang juga sehat adalah pepes ayam . Tidak hanya ikan, daging ayam juga bisa dimasak dengan cara dikukus menggunakan daun pisang. ENDEUSiast bisa menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah agar daging ayam tidak hambar. Mengukus daging ayam dengan daun pisang juga akan membuat tekstur daging tetap lembut dan tidak keras.

Endeustorial

Ikuti Instagram