Tren K-pop belum surut, bisnis kuliner Korea masih diminati

"

Bermula dari drama korea tahun 90-an mulai bermunculan di beberapa negara yang bikin ketagihan penontonnya. Dalam sinetron tersebut sering muncul adegan aktor bersantap makanan khas Korea. Sontak jadi banyak orang yang kepo dengan cita rasa negeri ginseng tersebut. Dibanding dulu, bahan masakan Korea masih terbatas dan belum ada resep yang bisa ‘menerjemahkan’ rasa otentik. Tapi kini bahan masakan mulai mudah diperoleh baik daring maupun di supermarket dengan harga bervariatif. Makin akrabnya masyarakat dengan cita rasa Korea, membuat pengusaha kuliner lebih mudah menjualnya. Nah berikut ini beberapa inspirasi resep yang bisa digunakan untuk peluang bisnis kuliner korea.

Lauk dari ayam utuh berkuah, di sini bisa menggunakan ayam kampung atau ayam pejantan. Di Korea biasanya disantap saat musim panas, karena mengandung ginseng yang bisa menjaga stamina tetap prima.

Bagi yang pernah menonton drakor Coffee Prince ada adegan dua tokoh berlomba makan mie hitam legit ini. Menggunakan mie telur dan potongan daging sapi, disajikan dengan acar mentimun atau acar lobak.

Bulgogi berarti daging api, atau daging bakar. Umumnya dari irisan tipis daging babi atau sapi yang direndam bumbu untuk dibakar sebentar. Banyak juga menggunakan teknik menumis. Harga daging sapi sangat mahal bila dibandingkan dengan daging babi, sehingga makan daging sapi hanya pada saat momen istimewa saja.

Banyak sekali hidangan Korea disajikan bersama kimchi. Khususnya hidangan comfort food satu ini. Cara membuatnya sangat mudah dan bisa dibuat sekaligus banyak. Cocok untuk usaha kuliner untuk pelanggan keluarga.

Salah satu sajian yang populer dalam drakor Full House. Sajian yang lebih mirip soun goreng ini menggunakan soun yang terbuat dari pati ubi. Karena tidak mengandung gluten jadi aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Nasi gulung yang dibuat untuk bekal makan siang. Isinya lebih banyak dibandingkan dengan Makisushi dari Jepang, karena bertujuan sebagai makanan full course . Cocok untuk bisnis makanan bekal kekinian.

Dimana-mana kita pasti craving makan mie instan. Ramyun jadi salah satu yang dicari saat berkunjung ke restoran Korea. Cocok jadi inspirasi untuk bisnis kuliner tenda.

Hidangan ini sedap dan instagramable, hidangan nasi dengann varian sayuran warna-warni. Di Korea banyak dijajakan di pasar tradisional. Versi vegetarian juga populer, mengingat banyak pemeluk Budha yang mempraktekkan antap hidangan tanpa daging.

Kue beras pedas adalah jajanan paling banyak muncul di drakor . Biasanya dijajakan di atas gerobak di pinggir jalan. Beri tambahan keju leleh untuk memikat pembeli.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.