Garam tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan saja. Nyatanya ENDEUSiast bisa memanfaatkan garam untuk kesehatan tubuh loh!

Bagi yang sedang menjalankan program diet mungkin akan menghindari yang namanya garam karena dianggap sebagai faktor utama pemicu kenaikan berat badan. Padahal jika kita ulas lebih dalam lagi, garam memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh bahkan bisa juga dijadikan sebagai pengobatan. Kira-kira apa saja manfaat garam bagi kesehatan tubuh kita? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1/ Mengobati Radang Tenggorokan

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa garam tidak hanya menyehatkan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Ya, salah satunya adalah mengobati radang tenggorokan. Tidak perlu membeli obat-obatan yang mengandung bahan kimia, cukup menggunakan air hangat ditambah ½ sendok garam lalu gunakanlah untuk berkumur. Air garamnya jangan diminum ya, cukup dijadikan untuk kumur saja lalu buang. Lakukanlah cara ini secara rutin hingga radang tenggorokan berangsur sembuh.

2/ Mengatasi Bau Mulut

Masih seputar mulut, banyak orang yang mengeluh karena bau mulut. Sebenarnya, bau mulut terjadi karena berkembangnya bakteri dan kuman di dalam mulut yang kotor karena malas untuk menyikat gigi. Apalagi bila ENDEUSiast mengkonsumsi makanan yang beraroma bau seperti nasi goreng pete . Disarankan untuk segera berkumur menggunakan air garam untuk menghilangkan bau dan bakteri di dalam mulut. Caranya sama, cukup gunakan air hangat yang telah dicampur garam lalu kumur selama 30-60 detik. Lakukan secara rutin agar bau mulut hilang.

3/ Menjaga Kesehatan Gigi

Jika tadi berkaitan dengan bau mulut, manfaat garam yang satu ini adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Gigi merupakan bagian terpenting di mulut yang harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Ada berbagai macam penyakit gigi seperti trench mouth yang merupakan infeksi bakteri pada gigi sehingga menyebabkan terjadinya bisul pada gusi. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan air hangat dan garam lalu kumur. Air hangat memiliki fungsi untuk memutihkan gigi, membersihkan plak serta menjaga kesehatan gigi. Sebagai tindakan pencegahan ENDEUSiast bisa mencampurkan garam secukupnya dengan baking soda. Tetapi jangan sampai tertelan ya.

Dalam mengkonsumsi garam juga diperlukan takaran khusus agar manfaatnya tidak hilang. Kira-kira 1 sendok teh garam per harinya. Tidak boleh lebih dari 6 gram garam sehari ya, takutnya justru akan membahayakan kesehatan kita. Untuk mendapatkan asupan garam yang cukup sebenarnya bisa ENDEUSiast dapatkan dari daging olahan, roti atau sereal. Usahakan untuk selalu tercukupi asupan garam di tubuh agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Demikianlah informasi mengenai manfaat garam yang baik bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.