Garam tidak hanya memberikan rasa gurih dan asin pada masakan. Selain itu terdapat pula beberapa fungsi garam yang mungkin belum ENDEUSiast ketahui.

Garam menjadi bagian dari bumbu yang wajib ada di dapur. Tanpa adanya bumbu yang satu ini maka rasa makanan akan menjadi hambar dan tidak ada nilainya sehingga membuat siapapun yang menyantapnya menjadi tidak berselera. Fungsi utama dari garam adalah untuk memberikan cita rasa yang gurih dan asin ke masakan. Bisa juga untuk menaikkan rasa pada makanan sehingga makanan menjadi lebih lezat.

Selain sebagai penambah rasa pada masakan ternyata garam juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang mungkin belum ENDEUSiast ketahuinya. Apa saja itu? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

3/ Mengikat Bumbu dan Bahan

Salah satu fungsi garam yang sering digunakan adalah untuk mengikat bumbu pada masakan. Ketika ENDEUSiast memasak suatu makanan dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah maka masukkanlah garam secukupnya untuk mengikat semua bumbu agar tercampur dengan merata. Itulah yang juga membuat masakan menjadi lebih nikmat dan pas bumbunya. Garam juga bisa berfungsi untuk mengikat daging yang hendak diolah menjadi sosis maupun kornet. Adanya garam, membuat seluruh bahan tercampur dan tak terpisahkan. Salah satu olahan sosis yang bisa ENDEUSiast buat di rumah misalnya adalah sosis bakar lada hitam .

2/ Pengawet Makanan

Untuk mengawetkan makanan sebenarnya tidak perlu harus menggunakan bahan kimia yang justru dapat berbahaya bagi makanan dan siapapun yang memakannya. Ada alternatif lain yang bisa ENDEUSiast gunakan untuk mengawetkan makanan yaitu dengan menggunakan garam. ENDEUSiast juga bisa melihat di beberapa makanan kemasan seperti sarden dan kornet yang pada komposisinya terdapat kandungan garam. Fungsi utamanya adalah untuk mengawetkan makanan tersebut. Jadi ketika ENDEUSiast memasak bahan olahan kemasan tidak perlu lagi menambahkan garam.

3/ Meningkatkan Warna Makanan

Jika ENDEUSiast melihat sosis atau ham yang memiliki warna cerah dan menarik, itu didapat karena adanya campuran garam. Ya, penambahan garam pada beberapa jenis makanan memang dapat meningkatkan warna sehingga semakin menarik.

Itulah beberapa fungsi garam yang mungkin belum ENDEUSiast ketahui. Jadi, garam memiliki peranan penting dalam setiap masakan. selain itu, di dalam garam juga terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Bila orang kekurangan garam maka akan berdampak pada beban ginjal yang diikuti dengan pembengkakan. Jangan sampai kita mengalaminya ya.

Maka dari itu, kita harus rajin mengkonsumsi garam asalkan sesuai takaran per harinya. Gunakan garam secukupnya pada masakan, jangan berlebihan juga karena memungkinkan akan menghasilkan rasa yang tidak enak dan terlalu asin. Selamat menggunakannya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.