Inilah Fakta Sate yang Perlu ENDEUSiast Ketahui
Inilah Fakta Sate yang Perlu ENDEUSiast Ketahui

Makanan sate sangat favorit bagi masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat. ENDEUSiast juga harus tahu beberapa fakta dari sate.

Apakah ENDEUSiast menyukai sate? Pasti hampir semua jawabannya mengatakan iya. Sate menjadi makanan paling favorit bagi masyarakat Indonesia. mulai dari sate ayam, sate kambing, sate kulit, sate jeroan dan berbagai macam jenis sate lainnya pun cukup digemari. Rasanya yang lezat memang cocok di lidah siapapun.

Apalagi bila telah dicampurkan dengan saus kacang atau kecap dan sepiring nasi hangat. Dijamin ENDEUSiast bakal nambah. Berbicara soal sate, ada beberapa fakta menarik yang wajib ENDEUSiast ketahui sebagai pecinta sate. Yuk, kita lihat ulasannya dibawah ini.

1/ Populer Sejak Abad 19

Tahukah ENDEUSiast bahwa kepopuleran sate ternyata sudah sejak jaman dahulu bahkan sebelum kita lahir sate sudah ada. Awalnya sate mulai dikenal oleh pedagang makanan di Pulau Jawa pada abad ke 19.

Sejak saat itu sate mulai popular bersamaan dengan datangnya penduduk muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Maka dari itu diberi nama sate yang diambil dari bahasa Tamil yaitu catai yang artinya daging. Datagnya mereka membuat penggunaan daging domba dan kambing semakin popular hingga saat ini.

2/ Tersebar Hingga ke Benua Eropa dan Afrika Selatan

Mungkin selama ini ENDEUSiast hanya tau bahwa sate cuman ada di Indonesia. Dari sabang sampai merauke kita bisa menemukan berbagai macam sate dengan ciri khasnya masing-masing.

Tapi faktanya sate sudah tersebar hingga ke Benua Eropa dan Afrika. Awal mula tersebarnya sate ke seluruh dunia dimulai dari pihak Belanda pada masa penjajahan membawa sate kembali ke negaranya. Selain Belanda, sate juga tersebar di Benua Afrika Selatan dikarenakan adanya pendatang yang masuk ke Afrika Selatan, mereka berasal dari Hindi Belanda. Untuk di Afrika Selatan, sate memiliki julukan tersendiri yaitu Sosatie .

3/ Sebagai Makan Terlezat di Dunia

Kita sebagai warga Indonesia yang memiliki sate patut bangga karena sate telah dianggap sebagai makanan terlezat di dunia selain rendang. Sate khas Indonesia berada di peringkat ke 14 versi dari World's 50 most delicious foods. Tidak heran bila sate dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Kunci kelezatannya terdapat pada bumbunya. Setiap daerah memiliki ciri khas bumbu yang berbeda dan itulah yang membuat sate Indonesia sangat unik dan beragam.

Jadi itulah beberapa fakta tentang sate yang mungkin selama ini ENDEUSiast belum mengetahuinya. Setelah membahas fakta, enaknya bikin sate ya. Kalau ENDEUSiast tertarik untuk membuat sate, ada resep yang bisa ENDEUSiast coba seperti sate lilit Bali atau sate taichan . Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat.

Endeustorial

Ikuti Instagram