Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Udah tau bedanya dari berbagai macam es buah yang endeus sebagai menu buka puasa?

Hampir semua orang menyukai minuman dingin dan menyegarkan untuk takjil buka puasa. Pilihan minuman yang cukup umum adalah es buah, es teler, es campur, dan sop buah. Semua minuman ini mempunyai tampilan yang mirip satu sama lain dengan bahan yang juga hampir sama.

Namun siapa sangka ternyata minuman-minuman ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan lho. Biasanya jenis es ini mempunyai isian berbeda tergantung dengan daerah asalnya. Agar nggak salah pilih, berikut ini beberapa perbedaan antara es buah, es teler, es campur, dan sop buah yang perlu diketahui.

1. Es buah

Dari namanya pasti sudah bisa ditebak bila es buah adalah jenis es yang terbuat dari buah-buahan. Salah satu ciri es buah adalah mempunyai kuah yang bening atau biasanya hanya menggunakan air dan sirup gula tanpa tambahan susu atau santan. Variasi buah yang biasa digunakan adalah semangka, melon, nanas, apel, dan sebagainya. Iris buah-buahan seukuran dadu, kemudian tuang dalam gelas. Beri air, es batu, dan juga gula atau sirup.

2. Es teler

Es teler adalah salah satu minuman yang juga banyak digemari untuk sajian buka puasa. Salah satu ciri es jenis ini adalah menggunakan kuah susu atau santan dan ditambah dengan sirup. Ciri khas lain dari es teler ini adalah penggunaan alpukat, nangka, dan kelapa muda.

Selain itu, es yang digunakan untuk es teler ini adalah es yang diserut halus. Tampilan es teler dan es campur memang hampir mirip dan sedikit susah dibedakan namun biasanya es teler di tambah dengan daging durian agar kuahnya terasa lebih creamy dan legit.

3. Es campur

Varian es lain yang juga banyak digemari untuk menu buka puasa adalah es campur. Es jenis ini sekilas mirip dengan es teler, namun perbedaanya terletak pada isian dan juga “kuahnya.”

Isian es campur ini biasanya terdiri dari cincau, dawet, kolang-kaling, mutiara, roti, dan juga beberapa buah-buahan. Ada juga es campur yang ditambah dengan jeli. Perbedaan es campur dengan es teler adalah penggunaan “kuah” tidak sekental es teler. “Kuah” es campur ini lebih banyak menggunakan kental manis dan juga sirup dengan sedikit santan.

4. Sop buah

Sop buah adalah variasi es hampir mirip dengan es teler. Namun sop buah ini lebih banyak menggunakan buah-buahan berwarna seperti semangka, pepaya, mangga, timun suri, melon, dan lainnya. Selain itu “kuah” sop buah juga lebih kental daripada es teler karena lebih banyak menggunakan susu. Selain itu, sop buah juga tidak menggunakan es serut, namun hanya es yang dipotong-potong.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya