Ikan asap olahan ikan yang cukup populer di Indonesia. Gunakan tips berikut ini untuk memasak ikan asap untuk sajian kemerdekaan.

Salah satu olahan ikan yang banyak digemari di Indonesia adalah ikan asap. Pengasapan adalah salah satu metode untuk mengawetkan ikan selain diasinkan ataupun dibuat pindang. Ikan asap ini mempunyai smoky flavor yang khas dan tekstur ikan yang yang menjadi lebih kesat. Ada banyak jenis ikan yang biasa diasap seperti ikan pe/pari, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan tuna, dan sebagainya. Olahan ikan asap bisa menjadi salah satu alternatif sajian untuk perayaan kemerdekaan sebentar lain. Berikut ini beberapa tips mengolah ikan asap agar tidak amis.

1/ Cuci dengan Air Hangat

Ikan asap sebenarnya sudah matang, namun sebaiknya sebelum dikonsumsi ikan dicuci terlebih dahulu. Kamu bisa mencuci ikan dengan air hangat untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Selagi mencuci, kamu juga bisa membersihkan isi perut ikan dari kotoran yang tertinggal. Sehingga nantinya ketika dimasak ikan sudah tidak amis lagi.

2/ Rendam dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan bau amis pada ikan, baik ikan segar ataupun asap. Kamu bisa merendam ikan asap dengan air jeruk nipis selama 15 menit, kemudian cuci ikan dengan bersih. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis ketika memasak ikan untuk menghilangkan aroma amis serta menambah rasa segar pada masakan.

3/ Kukus Sebelum Dimasak

Meskipun ikan asap pada dasarnya adalah ikan yang sudah matang, namun sebaiknya ikan tidak langsung dikonsumsi begitu saja. Kamu bisa mengukus ikan selama beberapa menit untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Selain itu kamu juga bisa memanggang ulang ikan asap sebelum dikonsumsi atau dimasak kembali.

4/ Gunakan Banyak Rempah

Bau amis pada ikan asap biasanya akan hilang dengan penggunaan banyak rempah pada masakan. Kamu bisa menggunakan lebih banyak rempah aromatic seperti daun salam, daun jeruk purut, jahe, dan sebagainya ke dalam masakan. Kamu juga bisa menambahkan daun kemangi pada masakan untuk mematikan aroma amis. Dengan menggunakan bahan-bahan aromatic, bau amis pada ikan biasanya akan hilang dan ikan asap lebih sedap untuk dikonsumsi.

5/ Bila Perlu Gunakan Panci Presto

Bila beberapa cara di atas kurang ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan asap, kamu bisa memasak ikan dengan menggunakan panci presto. Penggunaan panci presto bisa menghilangkan bau amis pada ikan serta membantu melunakkan daging dan duri ikan. Bila jenis ikan asap bukan bandeng, kamu bisa menggunakan panci presto selama 10-15 menit saja.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.