Adonan Kue Sus dijamin mengembang sempurna jika tahu rahasia suksesnya

"

Membuat kulit Kue Sus sebenarnya tidak begitu sulit. Langkah yang harus diikuti pun cukup mudah. Namun, beberapa permasalahan kerap muncul, seperti adonan yang terlalu cair, kulit Kue Sus tidak berongga, hingga adonan kempis setelah dipanggang.

Agar masalah-masalah seperti itu tak timbul, cukup perhatikan beberapa tip berikut pada saat pembuatannya.

Pastikan bahan diukur dan ditimbang dengan benar. Jika resep yang digunakan menggunakan perhitungan berdasarkan gram, sebaiknya menggunakan timbangan berbasis gramasi dibanding menggunakan measuring cup (mangkuk takar).

Mangkuk takar menggunakan perhitungan berdasarkan volume yang tidak sesuai untuk menimbang bahan-bahan kering, seperti tepung, kacang, coklat keping, dan buah kering. Hal ini dikarenakan berat dari masing-masing bahan tidaklah sama. Kecuali resep yang digunakan memang menggunakan measuring cup sebagai takaran bahan.

Gunakan tepung terigu protein tinggi dalam pembuatan adonan Kue Sus. Tepung terigu protein tinggi akan membuat kulit Kue Sus lebih kokoh sehingga tidak mudah kempis setelah matang dan memiliki bentuk bulat yang lebih cantik.

Pastikan air dan bahan-bahan yang dicairkan benar-benar mendidih sebelum tepung dimasukkan. Bahan cair yang telah mendidih membuat proses pengikatan dengan tepung menjadi lebih cepat.

Tepung tak perlu dimasukkan sedikit demi sedikit. Masukkan saja secara langsung semua tepung dalam air mendidih, aduk cepat menggunakan spatula kayu atau spatula silikon hingga menjadi adonan. Jika terlalu perlahan, tepung akan menghasilkan gumpalan-gumpalan kecil yang tak larut lagi ketika menjadi adonan akhir.

Setelah adonan menggumpal dan tidak lengket di dinding panci, segera angkat dari api. Terlalu lama memasak adonan menyebabkan komponen air, lemak, dan tepung terigu terpisah yang membuat adonan nantinya akan lebih cair. Jika dipanggang adonan yang cair tidak mampu mengembang seperti yang diinginkan.

Masukkan telur satu per satu setelah adonan hangat. Memasukkan telur saat adonan masih panas membuat telur matang dan ketika dipanggang kulit Kue Sus tidak mampu mengembang dengan maksimal.

Semprotkan adonan di atas loyang beralas baking paper atau mentega tebal. Meski sudah mengandung mentega, adonan kulit Kue Sus beresiko untuk lengket di loyang. Sayang kan kalau kulit yang sudah mengembang dengan sempurna hancur karena bagian bawahnya lengket di loyang.

Pastikan oven sudah dipanaskan (± 180° - 200° C) terlebih dahulu sebelum adonan dimasukkan (± 20 menit). Panggang selama 20 – 30 menit hingga kue sus matang. Suhu oven yang tinggi membuat adonan mengembang dan menghasilkan rongga yang diinginkan didalamnya.

Untuk menghasilkan kulit Kue Sus yang mengembang dengan maksimal, gunakan oven konveksi atau oven yang dilengkapi dengan kipas di dalamnya.

Hindari membuka pintu oven sebelum kulit Kue Sus matang. Penurunan suhu pada saat pemanggangan membuat adonan kempis ketika dipanggang.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.