Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Ingin buat Ikan Bakar Jimbaran khas Bali? Yuk ikuti tips berikut ini, supaya masakanmu berhasil dan lezat!

Ikan bakar Jimbaran adalah salah satu menu masakan Bali yang populer. Selain rasanya yang lezat, ikan bakar Jimbaran ini biasanya dijual di restoran pinggir pantai. Di restoran pinggir pantai, ikan bakar menjadi salah satu menu yang paling banyak diminati meskipun ada banyak jenis menu seafood lainnya. Sebenarnya, tidak ada yang berbeda dengan pembuatan Ikan Bakar Jimbaran dengan ikan bakar yang lain.

Berikut ini beberapa tips yang bisa ENDEUSiast lakukan bila ingin membuat Ikan Bakar khas Jimbaran.

Pastikan Ikan Segar

Salah satu kunci kelezatan ikan bakar Jimbaran adalah ikan yang segar atau baru ditangkap. Ikan yang segar mempunyai rasa yang manis, gurih, dan umami secara alami. Kalau ENDEUSiast menggunakan ikan yang kurang segar, biasanya ikan akan berbau amis dan bentuknya sudah tidak bagus lagi. ENDEUSiast bisa menggunakan jenis ikan apa saja misalnya ikan bawal, ikan nila, ikan mujair, ikan gurami, dan sebagainya namun pastikan bila ikan dalam keadaan segar.

Perhatikan Bumbu yang Digunakan

Meskipun terlihat sama, namun bumbu yang digunakan untuk ikan bakar Jimbaran ini berbeda dengan ikan bakar lain. Bumbu ikan bakar Jimbaran ini menggunakan bumbu khas Bali yang lengkap seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, kemiri, asam, kunyit, dan lengkuas.

Semua bumbu dihaluskan atau ditumbuk kemudian disangrai hingga matang. Bumbu ini bisa digunakan sebagai olesan ikan ketika memanggang. Agar rasa ikan bakar semakin lezat, ENDEUSiast bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan juga kecap manis. Sehingga rasa ikan bakar gurih, manis, dan wangi rempah-rempah.

Cara Membakar Ikan

Membakar ikan adalah salah satu proses yang gampang-gampang susah. Kalau melihat penjual ikan bakar, sepertinya sih membakar ikan mudah-mudah saja. Namun ketika mencoba di rumah ikan menjadi lengket semua di panggangan. Untuk mengantisipasi hal ini ENDEUSiast bisa mengolesi panggangan dengan minyak, sehingga ikan tidak lengket dan hancur.

Kalau ingin cara yang lebih mudah, ENDEUSiast bisa menggoreng ikan terlebih dahulu hingga matang dan kulit luarnya agar kering. Baluri ikan yang sudah digoreng dengan bumbu halus tadi dan ikan siap dipanggang. Kalau menggunakan ikan goreng, ENDEUSiast bisa memanggang ikan menggunakan pemanggang teflon ataupun pemanggang arang.

Jangan Lupa Sambal Matah

Salah satu ciri khas ikan bakar Jimbaran adalah selalu disajikan dengan Sambal Matah. Sambal Matah adalah salah satu sambal khas Bali yang bahan-bahannya hanya diiris tipis. Samnbal kemudian disiram dengan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Rasa sambal yang pedas, segar, dengan tekstur krispi sangat cocok disajikan dengan ikan bakar yang lembut dan rasanya gurih dan manis.

Tidak susah kan membuat ikan Bakar Jimbaran di rumah? ENDEUSiast bisa menerapkan tips di atas untuk membuat ikan bakar khas Bali yang lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya