Kudapan favorit semua orang Indonesia

"

Apa kudapan yang dekat dengan keseharian orang Indonesia? Sudah tentu Pisang Goreng!

Kenikmatannya semakin bertambah apalagi jika dinikmati sesaat setelah dari penggorengan. Hmm..

Pisang goreng yang nikmat biasanya memiliki indikator legit, harum, sekaligus crispy. Nah, untuk mendapatkannya, ternyata sangatlah mudah. Ini dia beberapa di antaranya:

1/ Pilih pisang jenis tanduk

Memiliki tekstur yang agak padat dengan rasa manis dan sedikit asam, menjadikan jenis pisang ini sesuai untuk dijadikan pisang goreng.

Jika ingin menggunakan jenis pisang lain seperti pisang kepok, pisang nangka, pisang uli, ataupun pisang raja (jangan menggunakan pisang meja). Pastikan memilih pisang yang matang tapi tidak terlalu lembek. Pisang yang terlalu lembek memiliki kadar gula yang tinggi, berpotensi menyerap minyak lebih banyak ketika digoreng sehingga lebih cepat gosong.

2/ Gunakan kombinasi tepung terigu, tepung beras, dan tepung kanji (70: 20:10) saat membuat adonan gorengan

Ketiga jenis tepung tersebut memiliki keunggulannya tersendiri. Semisal, tepung terigu sebagai pengikat, tepung beras dan tepung kanji untuk memberikan tekstur kokoh namun juga renyah. Beberapa resep juga turut menyertakan baking soda sebagai campurannya.

3/ Tambahkan vanilla bubuk pada adonan tepung

Berguna sebagai penambah aroma pada hasil jadi. Jika ada, pilih vanilla ekstrak yang memberikan aroma vanilla lebih lembut.

4/ Pilih air dingin untuk mencampur adonan

Air dingin jamak digunakan dalam mencampur adonan. Ini karena perbedaan suhu saat tekstur adonan menyentuh minyak panas. Terkadang, ada juga yang menambahkan sedikit mentega dan telur agar rasa adonan lebih kaya.

Cara mengecek adonan sudah bisa digunakan: adonan tidak akan terputus, saat dicoba dituangkan dengan kondisi tegak berdiri

5/ Perhatikan ukuran ketebalan pisang

Pastikan untuk mengiris pisang dengan ketebalan seragam maksimal 1,5 cm untuk mendapatkan hasil akhir yang renyah sempurna.

6/ Memakai teknik deep fry

Goreng pisang dengan minyak banyak dan panas hingga terendam. Cara mengecek apakah minyak sudah siap digunakan, masukkan sutil/sendok kayu ke dalam wajan berisi minyak panas, dan perhatikan apakah timbul gelembung di sekitar sutil.

Jaga nyala api di posisi sedang hingga pisang matang dengan sempurna. Jangan lupa untuk meniriskan pisang dengan posisi tegak sebelum disajikan.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.