Nasi kuning yang sering kita santap menggunakan kunyit sebagai pewarnanya. Selain digunakan untuk jamu, kunyit juga sering digunakan untuk masakan.

Kunyit merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang banyak digunakan untuk jamu maupun bumbu masakan. Penggunaan kunyit pada masakan biasanya untuk memberikan pewarna pada makanan. Salah satu hidangan asli Indonesia yang menggunakan kunyit adalah nasi kuning atau opor ayam .

Pada kali ini, hidangan yang akan dibahas adalah nasi kuning. Dalam menggunakan kunyit untuk nasi kuning pun tidak bisa asal karena bila salah mengolah maka hasil masakan akan terasa pahit dan bau langu. Daripada masakanmu nanti sia-sia lebih baik simak tips tentang mengolah kunyit untuk nasi kuning dengan tepat.

1/ Memilih Kunyit yang Bagus

Ketika hendak membeli kunyit, ENDEUSiast harus tau mana jenis kunyit yang bisa dikatakan bagus. Pilihlah kunyit yang masih segar namun sudah tua. Ciri kunyit yang tua adalah pada bagian kulitnya tidak keriput dan kering, bentuk umbinya lebih besar dan ketika dipegang teksturnya keras. Tetapi jangan pilih yang terlalu tua karena rasanya justru akan pahit dan membuat masakan menjadi tidak enak.

2/ Membakar Kunyit

Sebelum kunyit diolah, ada baiknya ENDEUSiast membakarnya terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan getir pada kunyit. Tidak perlu dikupas pada proses pembakaran agar daging kunyit tidak ikut terbakar dan gosong. Tips membakar kunyit yang bisa ENDEUSiast tiru adalah dengan menggunakan kertas alumunium foil lalu dibakar di atas api kompor menggunakan tusuk sate atau garpu yang praktis.

3/ Menggunakan Bubuk

Bila ENDEUSiast ingin lebih praktis lagi maka bisa menggunakan bubuk kunyit. Dalam memilih penjual bubuk kunyit juga tidaklah mudah karena ada beberapa penjual nakal yang menjual bubuk kunyit dari bahan sisa yang sudah tidak segar lagi. Jadi, pilihlah bubuk kunyit yang memiliki warna kuning cerah dan tidak berbau apek.

4/ Gunakan Secukupnya

Tips yang satu ini perlu diterapkan pada saat ENDEUSiast hendak memasak nasi kuning. Penggunaan kunyit tidak bisa sembarang, harus ada takarannya. Jangan terlalu banyak menambahkan kunyit pada nasi kuning karena justru akan membuat rasa nasi tersebut menjadi pahit. Masih banyak yang berfikir bahwa memberikan banyak kunyit akan membuat warna nasi kuning semakin cerah. Itu tidaklah benar. Sebaiknya, gunakan secukupnya saja ya.

Sekarang ENDEUSiast sudah paham kan bagaimana cara mengolah kunyit yang benar untuk masakan nasi kuning. Penting untuk menambahkan kunyit pada masakan agar bisa memberikan citra rasa yang khas dan aroma pada hidangan. Demikianlah informasi tentang cara pemilihan dan pengolahan kunyit yang tepat untuk nasi kuning. Semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.