Ingin Membuat Kopi yang Enak? Berikut Tipsnya!
Ingin Membuat Kopi yang Enak? Berikut Tipsnya!

Menyeduh kopi merupakan hal yang mudah, namun sering kali ENDEUSiast melakukan kesalahan yang tanpa disadari membuat kopi menjadi kurang nikmat.

Menyeduh kopi merupakan hal yang mudah, namun sering kali ENDEUSiast melakukan kesalahan yang tanpa disadari membuat kopi menjadi kurang nikmat.

Kopi merupakan minuman yang sering diminum oleh sebagian besar orang. Kopi diminum untuk memperbaiki mood dan menghilangkan rasa kantuk. Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat membuat suasana hati kita menjadi baik . Menyeduh kopi sering dianggap sebagai pekerjaan yang mudah namun secara tidak sadar ENDEUSiast sering melakukan beberapa kesalahan dalam menyeduh kopi.

1/ Pilih Biji Kopi yang Tepat

Untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat maka ENDEUSiast harus memilih biji kopi atau bubuk kopi yang masih segar. Jangan segan bertanya dengan penjual biji kopi untuk memilih biji kopi yang ENDEUSiast inginkan. Karena penjual dapat merekomendasikan biji kopi mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ENDEUSiast.

Pilih biji kopi sesuai dengan selera, mulai dari kadar kafein, aroma, ataupun tingkat kepahitan yang diinginkan. Cium aroma biji kopi, bila perlu cicipi agar dapat merasakannya.

2/ Gunakan Jenis Penggiling yang Tepat

Dalam menggiling kopi, ENDEUSiast harus memiliki kesabaran. Karena menggiling kopi bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan cepat. Menggiling biji kopi secara terburu-buru dapat membuat hasil yang tidak rata dan halus. Selai itu, ENDEUSiast juga harus memperhatikan alat penggiling kopi yang ENDEUSiast gunakan.

Pilihlah alat penggiling kopi yang berkualitas. Alat penggiling kopi yang tidak berkualitas akan membuat kopi menjadi asam dan encer. Selain itu, hasil gilingan yang tidak merata juga akan membuat kopi pahit, karena komponen yang ada dalam biji kopi tidak halus secara merata. Bila tidak memiliki mesin penggiling kopi, ENDEUSiast bisa menggiling biji kopi di toko penjual biji kopi.

3/ Gunakan Perbandingan yang Tepat Dalam Menyeduh Kopi

Dalam menyeduh kopi tentunya diperlukan rasio yang benar antara kopi dan air. Biasanya, di bagian belakang kemasan kopi terdapat aturan rasio untuk menyeduh kopi. ENDEUSiast bisa mengikuti aturan tersebut untuk mendapatkan kopi dengan rasa yang ideal. Tetapi, bila ENDEUSiast menggunakan biji kopi yang digiling sendiri maka dapat mencoba dengan rasio di bawah ini.

Pada umumnya, dua sendok teh kopi dapat diseduh menggunakan 170 ml air. Akan tetapi ENDEUSiast juga dapat membuat seduhan sesuai selera. Jika ENDEUSiast ingin membuat minuman dengan rasa kopi yang kuat maka ENDEUSiast dapat menambahkan kopi lebih banyak, namun jika ENDEUSiast tidak ingin minum dengan rasa kopi yang kuat, maka ENDEUSiast dapat mengurangi jumlah kopi atau menambah jumlah air.

4/ Bersihkan Mesin Penyeduh Kopi Secara Berkala

Karena terlalu menikmati seduhan kopi, terkadang membuat ENDEUSiast lupa dengan keadaan di sekitar ENDEUSiast, termasuk keadaan mesin penyeduh kopi. Sering menggunakan mesin penyeduh kopi namun lupa membersihkannya adalah hal yang sering terjadi. ENDEUSiast tidak perlu membersihkan mesin kopi setiap kali menggunakannya, cukup membersihkannya secara rutin 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Pastikan mesin penyeduh kopi selalu dalam keadaan bersih, karena kebersihan mempengaruhi kualitas kopi yang dibuat.

Endeustorial

Ikuti Instagram