Sebelum membuat kue, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis tepung yang bisa ENDEUSiast gunakan. Jangan sampai salah menggunakan tepung, ya.

Tepung adalah bahan dasar untuk membuat kue. Meskipun yang paling dikenal adalah tepung terigu, namun sebenarnya tidak semua tepung terigu mempunyai fungsi yang sama. Tepung terigu biasanya dibedakan berdasarkan kadar protein atau jenisnya. Jenis tepung yang berbeda ternyata mempunyai fungsi yang berbeda pula ketika digunakan untuk kue. Berikut ini beberapa macam tepung yang biasa digunakan untuk membuat kue.

1/ Tepung Gandum Utuh

Jenis tepung yang juga banyak digunakan untuk membuat kue adalah tepung gandum utuh atau whole-meal / wheat flour . Tepung jenis ini dibuat dari biji gandum utuh tanpa melalui proses penghilangan kulit ari. Sehingga tepung ini mempunyai tekstur yang kasar dan warna kecoklatan. Tepung ini mengandung protein yang tinggi. kaya serat, dan banyak menyerap cairan. Tepung gandum utuh ini biasanya digunakan untuk membuat roti dan kue kering.

2/ Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu jenis protein rendah mengandung kadar protein 5 – 9%. Tepung jenis ini mempunyai kadar gluten yang paling rendah dibanding dengan tepung jenis lain. Penggunaan tepung ini terbatas pada adonan yang tidak membutuhkan tekstur elastis dan kenyal. Biasanya tepung terigu protein rendah digunakan untuk membuat kue kering, gorengan, cake, biskuit, dan sejenisnya. Di Indonesia, tepung jenis ini biasanya dijual dengan merk kunci biru, lencana merah, pita merah, kunci mas, dan sebagainya.

3/ Tepung Self Raising

Tepung self raising adalah salah satu jenis tepung yang sudah diberikan pengembang sehingga tidak perlu lagi ditambahkan ketika membuat adonan. Harga tepung ini biasanya lebih mahal dari tepung biasa. Namun ENDEUSiast bisa membuat tepung self raising sendiri dengan mencampur 1,5 sdt baking powder dengan ¼ sdt garam untuk 1 cup tepung serbaguna.

4/ Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung terigu protein sedang mempunyai kandungan protein 9,5 – 11%. Tepung terigu ini juga dikenal sebagai tepung serbaguna karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memasak. Sehingga tepung terigu protein sedang ini cocok untuk kue dengan tekstur mengembang dan lembut seperti martabak, kue basah, pancake, bolu, dan bahkan bisa digunakan sebagai kue kering.

5/ Tepung Gluten Free

Jenis tepung ini biasanya dibuat dari campuran kacang, biji-bijian, dan pati. Tepung gluten free ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang diet atau yang alergi dengan gluten. ENDEUSiast bisa membuat tepung ini dengan mencampur tepung beras, tepung tapioka, dan tepung maizena dengan takaran tertentu.

6/ Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu protein tinggi adalah tepung dengan kadar protein 11,5 – 14% yang mana tepung ini mengandung gluten paling tinggi. Tepung terigu protein tinggi ini biasanya digunakan untuk adonan kue yang elastis dan kenyal seperti roti, donat, pizza, mie, pasta, dan sebagainya. Di pasaran, tepung terigu protein tinggi ini dijual dengan merk cakra kembar, tali emas, kereta kencana, dan sebagainya.

7/ Tepung Self Raising

Tepung self raising adalah salah satu jenis tepung yang sudah diberikan pengembang sehingga tidak perlu lagi ditambahkan ketika membuat adonan. Harga tepung ini biasanya lebih mahal dari tepung biasa. Namun ENDEUSiast bisa membuat tepung self raising sendiri dengan mencampur 1,5 sdt baking powder dengan ¼ sdt garam untuk 1 cup (130 g) tepung serbaguna.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.