Mengolah sayur untuk sajian anak harus banyak akal agar mereka mau menyantapnya. Berikut beberapa olahan sayur kreatif yang bisa ENDEUSiast coba.

Anak kecil paling susah sekali kalau disuruh makan sayur. Mereka beranggapan bahwa sayur tidak memiliki rasa yang enak seperti masakan lainnya. Maka dari itu disinilah peran ibu sangat penting untuk bisa menentukan menu masakan sayur yang tepat bagi si kecil agar doyan makan sayur.

Olahan sayur tidak hanya bisa disajikan sebagai menu rumahan saja tetapi bisa juga untuk bekal anak ketika liburan sekolah bersama teman-temannya. Selain praktis, sayur juga memiliki kandungan nilai gizi yang sangat baik bagi tumbuh kembang si anak. bila ENDEUSiast masih bingung ide olahan sayur yang tepat untuk bekal liburan anak, mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Nugget Sayur

Makanan sejenis nugget menjadi favorit anak-anak. alasannya adalah karena isiannya daging yang memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah. Apalagi kini banyak nugget kemasan yang berbentuk gambar lucu yang disukai anak-anak.

Bila ingin mendapatkan nilai gizi lebih, ENDEUSiast bisa menyelipkan sayur pada nugget. Nugget sayur terbuat dari ayam yang digiling dan ditambahkan dengan irisan wortel. Goreng nugget tersebut hingga matang lalu sajikan untuk bekal anak. Bagi yang belum tau cara membuat nugget sayur, bisa melihat resepnya di sini.

2/ Otak Otak Sayur

Otak otak yang merupakan makanan dibungkus dengan daun pisang ini memiliki bentuk yang unik sehingga membuat anak-anak penasaran dan ingin mencobanya. Bagi ENDEUSiast yang bingung untuk menghadapi anak yang susah makan sayur maka jenis otak-otak yang satu ini bisa menjadi solusinya.

Untuk membuat otak-otak sayur, bahan yang ENDEUSiast butuhkan diantaranya tepung sagu, ikan tenggiri, putih telur dan aneka sayuran buncis dan wortel. Semua adonan tersebut dicampur dalam satu wadah lalu beri garam dan merica dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kandungan gizi dan nutrisi pada otak-otak tetap terjaga karena proses pemasakannya hanya dikukus saja. Bila ingin digoreng juga bisa, tapi jangan terlalu lama agar kandungan gizinya tidak hilang.

3/ Keripik Wortel

Makanan renyah seperti keripik memang mudah menarik minat anak-anak. Bila ENDEUSiast ingin membuat keripik sehat untuk anak maka bisa membuat keripik wortel. Cara membuatnya adalah iris wortel tipis-tipis lalu keringkan di bawah sinar matahari hingga airnya benar-benar hilang. Setelah itu masukkan kedalam oven, atur suhu sekitar 150-180ºC tunggu sampai renyah. Kini keripik wortel pun siap dihidangkan untuk bekal camilan anak ketika berlibur.

Beberapa menu di atas bisa menjadi referensi ENDEUSiast yang sedang mencari solusi agar anak mau makan sayuran. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.