Ide Makanan Sehat untuk Sarapan
Ide Makanan Sehat untuk Sarapan

Makanan sehat untuk sarapan bisa menjadi awal yang baik menjalani hari dengan penuh bersemangat.

Makanan sehat untuk sarapan bisa menjadi awal yang baik menjalani hari dengan penuh bersemangat.

Makanan yang sehat adalah awal dari tubuh yang sehat. Terlebih ketika sarapan, makan makanan yang sehat memang sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan maksimal selama seharian. Karena waktu pagi biasanya terburu-buru, banyak orang yang sarapan dengan menu seadanya.

Sebenarnya menu makanan pagi tidak harus mewah namun sarat gizi. Kalau ENDEUSiast masih bingung dengan pilihan menu sarapan yang sehat, berikut ini beberapa ide makanan sehat untuk makan pagi.

1.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang bisa digunakan sebagai menu sarapan. Makanan yang satu sangat bagus dikonsumsi ketika sedang diet. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Beberapa orang tidak menyukai rasa oatmeal yang hambar, namun ada banyak cara untuk mengolah oatmeal agar rasanya tetap lezat.

ENDEUSiast bisa mengolah oatmeal dengan rasa manis dengan menambahkan pisang atau selai kacang. Untuk oatmeal yang asin, ENDEUSiast bisa menambahkan telur dan sayuran yang ditumis.

1.

Salad

Menu makanan sehat untuk sarapan selanjutnya adalah salad. Makanan berbahan sayuran ini bisa memberikan rasa segar serta membuat kenyang lebih lama. ENDEUSiast bisa menggunakan berbagai macam sayuran seperti selada, paprika manis, tomat ceri, edamame, dan sebagainya.

Agar rasa sayur tidak membosankan, ENDEUSiast bisa menambahkan dressing salad favorit. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menambahkan dada ayam panggang sebagai sumber protein.

1.

Sup

Selain salad, sup juga cocok disantap untuk sarapan. Makanan yang satu ini sudah mengandung nutrisi yang lengkap karena mengandung sayur dan protein. ENDEUSiast bisa membuat sup dengan isian favorit seperti makaroni, wortel, buncis, dada ayam, kacang merah, dan sebagainya.

Dengan kombinasi sayuran dan protein, sup cocok dimakan sebagai menu sarapan karena membuat kenyang lebih lama.

1.

Sandwich

Kalau ENDEUSiast ingin menu sarapan yang praktis dan bisa dimakan diperjalanan, sandwich adalah salah satu makanan yang sempurna. Agar sandwich lebih sehat, ENDEUSiast bisa menggunakan roti gandum yang tinggi serat. Selain itu, tambahkan sayuran seperti selada, tomat, mentimun, dan sejenisnya.

Pilihan daging yang digunakan untuk sandwich juga sebaiknya dipanggang atau direbus agar kandungan lemak tidak terlalu banyak.

1.

Tumis

Menu sarapan lain yang juga sehat adaah tumis. Tumis sayuran merupakan pilihan yang sehat karena dimasak dengan sedikit minyak. ENDEUSiast bisa mencampur tumisan dengan seafood seperti cumi atau udang sebagai sumber protein. Agar lebih sehat dan lezat, ENDEUSiast bisa menggunakan minyak zaitun.

Menyusun menu makanan untuk sarapan memang gampang-gampang susah. Yang terpenting adalah porsi sarapan yang cukup dan tidak terlalu banyak. Meskipun makanan sehat, namun bila porsinya terlalu banyak akan menjadi makanan yang tidak sehat.

Endeustorial

Ikuti Instagram