Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Untuk menjaga kualitasnya, ENDEUSiast harus tahu bagaimana cara menyimpan sayur dengan benar.

Sayur-sayuran merupakan bahan olahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Sayuran memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran yang sehat adalah yang memiliki kualitas baik. Sangat mudah mengetahui jenis sayur yang baik yaitu memiliki warna yang cerah dan segar. Untuk menjaga kesegaran dari sayuran ENDEUSiast harus tahu cara menyimpannya dengan benar agar tidak cepat busuk. Ada hal-hal yang harus ENDEUSiast hindari juga dalam penyimpanannya. Apa saja hal tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Menyimpan Jagung Mentah di Kulkas

Setelah membuat lumpia jagung keju , ENDEUSiast masih ada sisa jagung yang harus disimpan? Jangan langsung diletakkan di kulkas ya. Untuk cara menyimpannya, ENDEUSiast harus merebusnya terlebih dahulu sekitar 2 menit setelah itu tiriskan dan tunggu hingga dingin. Masukkan ke dalam kantong plastik bersih lalu baru ENDEUSiast bisa simpan di kulkas. Bila ENDEUSiast membeli jagung manis sebaiknya langsung diolah, bila ingin disimpan cukup 1 hari saja agar kadar rasa manis pada jagungnya tidak hilang dan kualitas tetap segar.

2/ Menyimpan Tomat dan Kentang di Kulkas

Tidak semua jenis sayuran bisa disimpan dalam kulkas salah satunya adalah tomat dan kentang. Kedua jenis sayuran ini memiliki kelembapan air yang tinggi sehingga bila disimpan di kulkas justru akan memicu pertumbuhan mikroba yang dapat merusak kualitas dari sayur. Untuk menyimpan kedua jenis bahan ini sebaiknya letakkan saja ditempat sejuk namun tidak sampai sedingin kulkas. Jadi ENDEUSiast bisa meletakkannnya di rak atau laci dapur yang bersih.

3/ Mencuci Sayur Sebelum Disimpan

Bila ENDEUSiast membeli sayuran tetapi belum ingin dimasak lebih baik jangan dicuci dahulu. Sama halnya dengan tomat dan kentang yang telah dijelaskan diatas, sayur-sayuran yang telah dibasahi namun tidak cepat diolah justru akan mengundang datangnya mikroba. Selain itu, sayuran yang telah dipotong-potong juga bisa mengurangi kandungan mineral dan vitamin. Beberapa jenis sayuran yang dimaksud diantaranya adalah kol, kubis dan seledri.

4/ Batas Waktu Menyimpan Sayur Kalengan

Bagi yang suka praktis mungkin sayur kaleng bisa menjadi solusinya. Batas waktu penyimpanan dari sayur kaleng adalah 1 tahun dan harus disimpan dalam kulkas. Jangan menyimpan lebih dari batas waktunya karena kandungan gizi pada sayur akan menghilang.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi ENDEUSiast sehingga lebih paham apa saja hal yang harus dihindari dalam menyimpan sayuran.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.