Cara memasak seafood terlihat mudah, padahal masih banyak lho yang salah dalam memasaknya. Apakah ENDEUSiast juga melakukan kesalahan berikut ini?

Cara memasak seafood berbeda dengan memasak makanan yang lain seperti ayam dan daging. Seafood adalah makanan istimewa dengan cita rasa gurih alami dan juga kandungan gizi yang tinggi. Meskipun cara memasak seafood berbeda, namun tidak sesusah yang dibayangkan oleh orang. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang perlu dihindari ketika memasak seafood.

1/ Menggunakan Banyak Bumbu

Seafood seperti cumi-cumi, udang, ikan, dan kerang pada dasarnya sudah membawa rasa gurih alami. Penambahan banyak bumbu pada seafood akan membuat rasa gurih alami ini hilang. Setelah seafood dicuci bersih, ENDEUSiast cukup menambahkan bumbu yang sederhana seperti merica, garam, dan sedikit rempah-rempah.

Bahan sederhana lainnya yang bisa ditambahkan adalah mentega, bawang putih, bawang bombay, hingga thyme dan rosemary . Bumbu yang sederhana ini akan membuat rasa seafood lebih menonjol. Jangan ragu untuk menggunakan bumbu minimalis untuk memaksimalkan rasa gurih alami seafood .

2/ Menggoreng Seafood dalam Keadaan Basah

Salah satu cara memasak seafood adalah digoreng. Namun menggoreng seafood sebaiknya tidak dalam keadaan basah karena bisa menimbulkan percikan minyak panas. Selain itu, seafood yang digoreng dalam keadaan basah akan menjadi lembek ketika sudah matang. ENDEUSiast bisa meniriskan seafood yang sudah dicuci dengan kertas tisu agar sisa airnya hilang.

3/ Memasak Ikan Saat Wajan Belum Panas

Temperatur wajan yang panas ketika menggoreng seafood akan membuat makanan laut ini lebih matang merata. ENDEUSiast bisa memanaskan wajan dengan api sedang selama 3 hingga 5 menit, kemudian baru masak seafood sesuai selera. Dengan cara ini seafood akan matang sempurna dan teksturnya pas.

4/ Memasak Seafood dalam Keadaan Beku

Baik dalam keadaan beku atau tidak, seafood yang baru keluar dari kulkas sebaiknya tidak langsung dimasak. Hal ini karena bagian dalam seafood masih dingin sehingga bila dimasak akan menyebabkan seafood tidak matang merata. Bagian luar cepat matang namun bagian dalamnya masih mentah.

Oleh karena itu, seafood sebaiknya didiamkan terlebih dahulu pada suhu ruang sekitar 30 menit sebelumnya. Untuk seafood yang beku, ENDEUSiast bisa mendiamkannya pada suhu kulkas minimal 2 jam sebelum dimasak. Hal ini untuk memastikan bila semua bagian seafood tidak beku ketika dimasak.

5/ Api yang Terlalu Kecil dan Besar

Api yang digunakan untuk memasak seafood juga berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Api yang sedang cocok digunakan untuk olahan kepiting dan ikan. Sedangkan untuk cumi-cumi dan udang sebaiknya menggunakan api besar. Hal ini karena udang dan cumi-cumi hanya perlu dimasak sebentar untuk mempertahankan teksturnya tetap kenyal dan tidak keras.

Jika sudah tahu cara memasaknya, yuk coba buat masakan seafood berikut ini:

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.