Belum makan nasi itu rasanya seperti belum makan. Itulah Indonesia. Begitu banyak sajian nasi khas dari berbagai daerah di tanah air. Apa saja?

Terdiri dari ratusan suku bangsa, Indonesia begitu kaya ragam budaya dan bahasa. Selain itu yang menarik salah satunya adalah keragaman dalam bidang kuliner.

Untuk nasi saja, Indonesia memiliki banyak macam pengolahan yang bervariasi. Beberapa olahan nasi khas nusantara adalah sebagai berikut.

1/ Nasi Langgi

Olahan nasi dengan bahan rempah-rempah, santan dan asam jawa. Lauk pelengkapnya adalah telur dadar, bistik daging, kering kentang, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun. Biasanya banyak di temukan di daerah Solo, dan di sekitar Jawa Tengah.

2/ Nasi Godhog

Kuliner olahan nasi ini berasal dari Magelang. Godog dalam Bahasa Indonesia berarti rebus. Pengolahannya seperti bakmi godog (rebus) hanya bakminya diganti dengan nasi. Nasi yang terendam kuah semakin menggugah seler dengan campuran telur, ayam suwir, kubis, wortel, seledri, kaldu dan juga bawang. Paling pas di santap selagi panas.

3/ Nasi Uduk

Nasi khas betawi ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah, seperti daun salam, daun jeruk, laos, lengkuas, pala, kayu manis dan serai. Nasi ini sudah popular bahkan sebelum Indonesia merdeka. Nasi uduk dihidangkan dengan tahu atau tempe goreng, telur dadar iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng dan sambal.

4/ Nasi Liwet

Jika ENDEUSiast mampir ke Solo, ENDEUSiast pasti banyak menemukan kuliner yang satu ini. Nasi liwet memang salah satu makanan khas dari Solo. Nasi gurih yang mirip dengan nasi uduk ini biasanya disajikan dengan sayur labu siam, ayam opor suwir atau telur tergantung selera dan di tambahkan areh (santan kental berbumbu) di atasnya.

5/ Nasi Megono

Masyarakat Jawa sering menyebutnya “sego megono” , sego artinya nasi. Makanan ini sangat banyak ditemukan di daerah Pekalongan dan sekitarnya. Nasi megono terdiri dari nangka muda yang dicincang atau di cacah dan diberi parutan kelapa muda dan berbagai rempah-rempah. Dan biasanya disajikan dengan tempe mendoan.

6/  Nasi Kebuli

Budaya Timur Tengah dan India memberi pengaruh besar dalam kuliner di Indonesia. Nasi kebuli adalah salah satunya. Hidangan nasi berbumbu yang kaya rempah ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin serta berbagai bahan lainnya. Disajikan juga dengan daging kambing goreng dengan taburan kurma atau kismis di atasnya.

7/ Nasi Jagung

Dikenal juga dengan istilah nasek empog, kuliner terbuat dari jagung sebagai bahan utama. Nasi jagung dimasak seperti nasi putih biasa dan dimakan dengan berbagai macam lauk. Nasi jagung populer di pulau Jawa. Terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Madura. Makanan ini merupakan salah satu makanan kesukaan Presiden pertama kita, Ir Soekarno.

8/ Nasi Bakar

Nasi bakar diolah dengan cara dibakar di dalam balutan daun pisang bersama santan dan juga bumbu lainnya. nasi bakar juga dibakar bersama lauknya seperti teri medan, cumi, udang, ataupun daging ayam.

9/ Nasi Gandul

Nasi khas ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Nasi gandul disajikan bersama masakan daging seperti semur, tempe goreng, lidah sapi, usus sapi, dan tambahan lauk lainnya. Rasanya manis pedas dan berkuah.

10/ Nasi Balap

Nasi khas lombok ini disajikan dengan suwiran ayam/bebek yang dimasak pedas. Lauk pelengkapnya antara lain, kering kentang, telur dadar dan taburan kedelai goreng atau kacang tanah goreng.

11/ Nasi Jaha

Nasi jaha atau Jahe merupakan makanan khas Halmahera dan Manado yang dibuat dari beras ketan dengan tambahan santan kelapa. Nasi ini dimasak dengan manggunakan daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar. Sesuai namanya, nasi ini memiliki cita rasa jahe yang menghangatkan tubuh.

Dengan mencicipi semua kuliner diatas, ENDEUSiast juga ikut melestarikan resep kuliner khas nusantara.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.