Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bagi para penggemar seafood, mencicipi kepiting King Alaska jadi salah satu hal wajib!

Hidangan seafood merupakan hidangan yang memiliki banyak peminat. Kandungan gizi yang tinggi serta rasanya yang nikmat membuat kita tidak bisa berhenti memakannya. Varian hidangan seafood pun beragam seperti ikan, udang, kerang dan kepiting. Selain itu, variasi ukuran pun beragam. Salah satu hidangan seafood yang menjadi menu favorit adalah kepiting. Kepiting dapat diolah menjadi berabagai makanan seperti bakmi kepiting , kepiting saus tiram dan sebagainya.

Beberapa rumah makan menyediakan hidangan seafood kepiting dengan ukuran raksasa yaitu Alaskan King Crab atau Kepiting King Alaska. Ukuran kepiting yang memiliki nama ilmiah Paralithodes camtschaticus dijamin membuat ENDEUSiast kenyang. Penasaran dengan Kepiting King Alaska? Yuk kita simak bebrapa fakta unik mengenai hidangan seafood yang berasal dari Kepiting King Alaska.

1/ Kepiting King Alaska  berasal dari perairan lepas pantai Alaska

Sesuai denga namanya, Kepiting Raja Alaska memiliki habitat di perairan lepas pantai Alaska, salah satu negara bagian Amerika Serikat pasca dibeli dari Rusia pada 1867 silam.Kepiting King Alaska tidak bisa ditangkap setiap saat harus menunggu sampai keluar dari sarangnya.

Kepiting ini hanya keluar dari sarangnya saat musim dingin yaitu pada bulan Oktober dan Januari. Masa penangkapan kepiting raja alaska hanya berlangsung 4-5 hari saja.

2/  Terdiri dari tiga jenis

Alaskan king crab sebenarnya memiliki tiga jenis yaitu kepiting raja merah, kepiting raja biru, dan kepiting raja emas. Akan tetapi dari ketiga jenis kepiting tersebut, yang paling terkenal adalah kepiting raja merah.

3/ Pasokan Kepiting King Alaska  Terbatas

Sudah kita ketahui bahwa menangkap Kepiting King Alaska tidak bisa setiap saat. Masa penangkapannya pun cukup singkat. Oleh sebab itu, pasokan Kepiting King Alaska pada rumah makan terbilang cukup langka.

Kepiting King Alaska ditangkap saat musim dingin sehingga banyak terjadi cuaca yang ekstrem di pantai misalnya badai, hujan yang lebat, suhu dingin sekali dan bongkahan es di laut. Oleh sebab itu ombak dipantai pun menjadi ekstrem dan pekerjaan menangkap kepiting ini juga merupakan pekerjaan yang beresiko tinggi.

Ukuran Kepiting King Alaska cukup besar sehingga dalam menangkapnya dibutuhkan teknik yang khusus. Tidak semua nelayan bisa menangkap Kepiting King Alaska. Nelayan yang bertugas menangkap kepiting raja alaska biasanya digaji dengan nominal yang tinggi.

4/ Hidangan seafood Kepiting King Alaska  dijual dengan harga yang fantastis

Pasokan kepiting yang langka, upah nelayan yang menangkap dan rasanya yang lezat membuat kepiting ini dijual dengan harga yang tinggi. Jika ENDEUSiast ingin mencoba masakan seafood yang satu ini, ENDEUSiast harus rela mengeluarkan uang yang banyak.

5/ Tidak semua restoran seafood menjual Kepiting King Alaska

Harga kepiting yang mahal dan pasokan kepiting yang terbatas membuat tidak semua restoran seafood menyediakan Kepiting King Alaska di dalam menunya. Kepiting jenis ini dapat diolah menjadi berbagai makanan seafood yang lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.