Memiliki tekstur dan bentuk yang sama, apa beda keduanya?

"

Di berbagai tempat kita pasti sering menemukan penjual es krim yang dengan menuliskan gelato di papan namanya. Sebenarnya, mereka jual es krim apa gelato? Lalu apa perbedaannya antara es krim dengan gelato ?

Gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya adalah es krim. Tetapi seiring berjalannya waktu, gelato menjadi berdiri sendiri “memisahkan” es krim. Mengapa? Karena kandungan yang dimiliki es krim dan gelato itu berbeda.

Kalau es krim, seperti namanya memiliki kandungan krim yang banyak. Rasa dari krimnya itu sendiri sangat kuat dirasakan di lidah. Selain krim, dibutuhkan juga susu, kuning telur, gula, dan air untuk membuatnya.

Cara membuatannya adalah bahan-bahan tersebut diaduk secara cepat. Dikutip dari Kompas.com , rata-rata es krim bisa mengembang dari 25 hingga 90 persen. Semakin padat tekstur es krim, maka semakin bagus juga kualitasnya.

Sedangkan gelato tidak menggunakan krim. Melainkan susu, kuning telur, gula, dan air. Bahan tersebut diaduk secara pelan, berbeda dengan pembuatan es krim yang diaduk dengan cepat. Hasilnya, tekstur gelato menjadi lebih padat.

Proses membuatnya es krim didinginkan mencapai suhu minus 20 derajat celcius, sedangkan gelato hanya mencapai suhu 10 derajat celcius. Oleh sebabnya es krim lebih tahan lama dari gelato.

Dari keduanya antara es krim dan gelato , yang mana lebih sehat? Jika dilihat dari kandungannya, kedua makanan pencuci mulut ini sama-sama memiliki kandungan lemak dan gula. Gelato lebih banyak susunya dan bahkan ada yang tidak mengandung kuning telur, sedangkan es krim lebih banyak krimnya.

Dilihat dari kandungannya di atas, gelato memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan es krim. Selain itu es krim memiliki lebih banyak kandungan gula dibandingkan dengan gelato .

Jadi bisa dikatakan gelato lebih sehat dari es krim. Kandungan lemak pada es krim lebih tinggi.

Sebenarnya ada satu lagi yang disebut sorbet. Yang satu ini dibuat lebih sederhana, karena mengandung buah, air dan gula. Es krim buah sudah pasti sorbet pilihannya.

Jadi sudah tau dong perbedaan antara es krim, gelato, dan sorbet ? Jadi tidak perlu bingung lagi memilihnya ketika sedang berada di kedai es krim.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.