Siapa yang di Ramadan ini udah coba es cendol sebagai menu buka puasa? Di sini akan dibahas juga asal usul cendol hingga dikenal di Indonesia.

Sajian es cendol emang nggak bisa dilewatkan begitu aja pas di bulan puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan, banyak dipilih sebagai takjil bagi mereka yang berpuasa. Karena bisa mengembalikan kesegaran tubuh setelah satu hari berpuasa.

Cendol sendiri dibuat menggunakan tepung beras dan tepung sagu yang dimasak berbarengan hingga mengental. Setelah mengental dituang ke cetakan hingga membentuk bulat memanjang. Disajikan dengan gula merah, santan, dan es batu, pantas saja es cendol selalu digemari sebagai menu berbuka puasa.

Cendol yang dibuat berwarna hijau ini nggak pernah absen sebagai pilihan takjil. Bahkan kehadirannya pun menambah banyak pilihan es yang dijual sebagai menu berbuka puasa di tiap tahunnya.

Resep es cendol durian

Meski es cendol nggak terlalu sulit ditemukan di hari-hari biasa, tetap aja kehadirannya selalu dirindukan di atas meja makan ketika mendekati waktu berbuka puasa. Apalagi es cendol nggak mengenal usia karena siapapun pasti suka dengannya; baik tua maupun anak yang masih kecil sekalipun.

Asal usul cendol pun banyak yang meributkannya mereka saling mengklaim bahwa kuliner ini berasal dari negara masing-masing. Seperti belum lama ini negara tetangga kita; Singapura dan Malaysia ribut saling memperebutkan pemilik asal cendol. Padahal cendol pun udah lama banget ada di Indonesia.

Untungnya netizen Indonesia nggak ikutan mengklaim bahwa cendol itu asli dari Indonesia. Kalo sampe iya, ramai pasti di media sosial meributkan cendol doang.

Pemicunya adalah sebuah media luar negeri yang menyebutkan dalam artikelnya cendol adalah makanan penutup yang terkenal dari Singapura. Dari sini netizen Malaysia nggak terima kalo cendol dibilang berasal dari negeri singa.

Kalau ditelisik lebih jauh lagi, cendol bisa ditemui hampir di semua negara Asia Tenggara. Makanya kita yang tinggal di Indonesia juga bisa mengenal kuliner segar dan manis yang satu ini.

Dulunya Singapura dan Malaysia adalah satu negara. Ketika Singapura mengumumkan kemerdekaannya pada tahun 1965, kedua negara ini saling meributkan warisan budaya yang asalnya memang sama dari satu negara.

Jadi sudahkah kamu buka puasa dengan es cendol di bulan Ramadan ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.