Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Apa takjil yang paling menyegarkan? Es campur pasti masuk ke dalam daftar tersebut.

Es campur adalah sebuah minuman es yang berisi banyak sekali bahan dan dicampur menjadi satu. Mungkin itu alasan kenapa diberi nama es campur.

Di bulan puasa seperti sekarang ini minuman yang menggunakan bahan dasar es pasti laku. Karena dapat kembali menyegarkan tubuh setelah seharian berpuasa. Ditambah lagi dengan isian yang juga dapat menyegarkan badan.

Blewah, kelapa, rumput laut, kolang-kaling, agar-agar, tapai, alpukat, nangka, melon, cincau, dan lain-lain adalah isian dari es campur. Karena isinya yang sangat beragam kemudian ditambahkan sirup manis dan dicampur ini lah yang dapat menyegarkan tubuh.

Es campur bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Hampir tiap wilayah di Indonesia mudah ditemui .Ada yang menyajikannya dengan bahan-bahan yang hampir mirip. Karena tidak semua wilayah mudah menemui bahan-bahan es campur seperti yang disebutkan di atas.

Seperti misalnya di Medan ada yang menambahkan kacang merah, sagu, dan biji delima. Begitu juga di daerah lainnya yang menggunakan bahan lain yang mudah ditemui.

Isian es campur dengan es teler memang serupa. Es teler sendiri diketahui ditemukan oleh penjual es campur. Bernama Tukiman Darmowijono yang biasa menjajakan jualannya di daerah Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1980an. Saking enaknya, anak muda yang suka membeli seakan teler dengan enaknya minum es buatan Tukiman.

Hampir semua umur pasti suka dengan es campur. Baik anak-anak hingga dewasa, pasti nggak bisa nolak ketika disajikan menu ini sebagai menu berbuka puasa.

Selain es, ada juga kolak yang menjadi favorit berbuka. Biasanya kolak dan es campur adalah pasangan yang pasti dicari ketika waktu berbuka sudah mulai dekat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.