Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian gulai juga cocok loh untuk makan siang atau makan malam ketika di rumah aja.

Gulai merupakan salah satu menu masakan berkuah kental khas Nusantara. Warnanya yang pekat juga mengandung rasa sedikit pedas menjadi ciri khas dari kuliner ini.

Nggak hanya di Indonesia saja, kepopuleran gulai sudah terkenal di negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Disajikan untuk berbagai momen baik untuk makan di rumah aja atau ada acara-acara besar.

Yang mungkin banyak dikenal adalah gulai daging. Tapi tau nggak kalau ternyata bukan hanya gulai daging saja, di beberapa daerah seperti Jawa dan Sumatra juga memiliki banyak jenis gulai dengan karakteristik yang berbeda-beda. Kuah gulai khas Jawa cenderung memiliki kuah yang encer, sedangkan untuk kuah gulai khas Sumatra kuahnya terasa lebih kental karena menggunakan tambahan santan.

Bila kita tertarik membuat kreasi gulai, di bawah ini ada beberapa referensi jenis gulai yang bisa kita coba selain menggunakan daging.

1. Gulai kikil

Ketika kita pergi ke warung makan Padang, pastinya menu yang satu ini pasti ada di atas meja dan pastinya udah nggak asing lagi kan dengan menu yang satu ini? Ya, namanya adalah gulai kikil. Kikil merupakan bagian dari kulit kaki sapi yang bisa diolah menjadi berbagai masakan, salah satunya adalah gulai.

Sajian kikil yang satu ini memiliki perpaduan citarasa yang gurih dan pedas dengan kuah santan yang kental. Memiliki teksturnya yang khas ketika dimakan, menjadi favorit bagi penggemarnya.

2. Gulai ayam

Selain kikil, menu masakan yang nggak boleh terlewatkan di rumah makan Padang adalah gulai ayam. Ini menjadi menu yang khas di setiap rumah makan Padang. Cocok dijadikan sebagai pendamping menu makan siang mau pun ketika makan malam di rumah.

Kita bisa membuat gulai ayam sendiri di rumah. Siapkan bumbu seperti cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri. Lalu haluskan semua bahan tersebut dan tumis hingga harum. Nggak lupa campurkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan asam kandis.

Masukkan ayam dan tunggu hingga warnanya berubah. Barulah masukkan santan agar kuahnya menjadi kental. Masak hingga ayam menjadi empuk dan bumbu menyerap sempurna. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa agar semakin nikmat.

3. Gulai cumi isi telur

Mau kreasi gulai yang berbeda? kita bisa mencoba gulai cumi isi telur. Menu masakan ini menjadi lebih istimewa karena bagian rongga perut cumi diisi dengan beraneka campuran bahan sebelum dimasak. Seperti misalnya membuat isian kocokan telur atau tahu yang dihancurkan.

4. Gulai Pakis

Masih dari daerah Minang, gulai yang satu ini juga cukup populer. Gulai pakis sering disajikan sebagai menu makan sehari-hari. Sangat cocok disandingkan bersama dengan ketupat maupun lontong. Bila kita menghindari konsumsi daging-dagingan, maka gulai pakis bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Gulai telur

Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan adalah gulai telur. Sama seperti gulai biasanya, tapi kali ini menggunakan telur ayam. Sebelum diolah menjadi gulai, telur ayam direbus lebih dulu, begitu matang baru diolah menjadi gulai.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya