Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kenalkah ENDEUSiast dengan bahan dessert satu ini? Ya, salted caramel, sajian penutup dengan rasa unik

Beberapa tahun belakangan nama salted caramel menjadi tenar sebagai bahan campuran, topping , atau perasa dalam banyak dessert di seluruh dunia. Dipopulerkan oleh koki Prancis Pierre Hermé pada 1990-an saat mengkreasikan Salted Caramel Macaroon . Koki Amerika dengan cepat mengadopsi konsep itu dan mulai menggabungkan garam laut dengan berbagai manisan, termasuk karamel dan cokelat.

Salted caramel awalnya lebih populer di Amerika,diikuti Inggris. Menurut sejarah, salted caramel kreasi ala Inggris paling populer dan menjadi tolok ukur hingga kini. Berbeda dengan karamel biasa, salted caramel dikatakan sebagai versi lebih enak karena memadukan rasa manis asin yang membuat orang ketagihan. Kalau ENDEUSiast mau tahu lebih lengkapnya, simak dibawah ini yuk !

1/ Caramel Versus Salted Caramel

Karamel dibuat dengan merebus gula hingga berubah warna menjadi cokelat muda, kemudian dicampur dengan krim, mentega, dan vanila. Setelah campuran mendingin, akan menjadi fleksibel dan kenyal. Sedangkan salted caramel dibuat dengan menaburkan garam laut di atas adonan.

Daya tarik luar biasa dari kombinasi manis dan asin ini sederhana, karena memadukan dua rasa menggandakan sensasi rasa. Terlebih lagi, orang pada umumnya menyukai rasa manis karena membawa kesenangan, sementara garam memiliki kemampuan meningkatkan rasa.

Triknya adalah mengukur secara tepat rasio garam yang digunakan. Jika terlalu banyak garam, tentu akan jadi keasinan. Sedangkan terlalu banyak rasa manis akan membuat ‘eneg’. Maka dari itu, sedikit garam saja sudah cukup untuk memicu reaksi positif.

2/ Dessert Salted Caramel

Salted Caramel bisa digunakan untuk beragam dessert, namun beberapa di bawah ini adalah yang paling populer:

Es Krim

Es krim dengan perisa salted caramel, selain langsung makan, biasanya ia ditambahkan atau dijadikan toping di atas cheesecake atau sandwich.

Milkshake

Dalam milkshake salted caramel juga dijadikan perasa. Penggemar rasa ini ternyata ada banyak.

Puding

Dalam puding , salted caramel dijadikan topping. Ia ditambahkan dan dilumerkan ke atas puding supaya rasanya lebih enak.

Cake

Cream cake, cheese cake, atau chocolate cake , bisa menggunakan salted caramel sebagai salah satu bahan pembuatnya.

3/ Apakah Salted Caramel Bisa dibuat Sendiri?

Tentu jawabannya adalah bisa. Membuat salted caramel cukup mudah yaitu dengan bahan bahan membuat karamel biasanya namun menggunakan setengah sendok teh tambahan pada karamel. Untuk menyimpannya, ENDEUSiast tidak perlu takut ia membusuk, karena salted caramel sangat awet.

Selain membuat sendiri, ENDEUSiast bisa mencari barang atau makanan dengan salted caramel di toko penjual dessert di Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.