Rujak adalah makanan murah meriah yang disukai siapapun. Banyak aneka buah bisa diolah, namun tidak semua buah cocok lho untuk dijadikan rujak.

Siapa yang tidak kenal hidangan satu ini. Aneka buah-buahan yang dicocol dengan sambal kacang ini nampaknya memberikan sensasi tersendiri di mulut ya. Rujak sangat cocok disantap saat siang hari setelah makan siang. Buah-buahan dengan sambal kacang tentu akan menjadi penutup makan siang yang sulit ditolak.

Membicarakan rujak memang tidak lengkap rasanya tanpa membicarakan buah. Ya memang rujak terbuat dari buah yang dicocol sambal kacang, namun ternyata tidak semua buah cocok lho untuk dijadikan rujak. Buah apa saja yang biasanya wajib ada dalam rujak?

1/ Bengkuang

Manfaat bengkuang sangatlah banyak dan tidak diragukan lagi. Tak hanya bagi tubuh, bahkan dunia kecantikan juga melirik bengkuang ini sebagai bahan pembuatannya. Bengkuang seringkali dijadikan perawatan bahan alami.

Bengkuang dengan tekstur yang renyah ini akan sangat cocok jika dicocol dengan sambal kacang yang pedas. Rasanya yang manis membuat buah bengkuang tak pernah absen di dalam rujak. Bengkuang juga mengandung vitamin C, jadi tak ada alasan untuk menolaknya.

2/ Nanas

Buah ini memang cenderung asam manis, namun jika dicocol sambal kacang, air nanas akan keluar dan menjadikan sensai lumer di mulut. Buah tropis dengan kadar air yang tinggi ini memiliki vitamin C dan serat yang baik untuk tubuh.

Kabar baiknya, nanas sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit lho . Kandungan Mangan yang ada didalam nanas berfungsi sebagai aintioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV (Ultraviolet) plus Mangan juga membantu meningkatkan kepadatan tulang.

3/ Mangga muda

Buah mangga adalah salah satu buah yang memiliki daging tebal dengan ukuran dan bentuk yang bervariatif. Ada yang berbentuk bulat, lonjong memajang, hingga bulat telur. Mangga sendiri berkulit tebal dimana jika belum matang (muda) kulit buahnya berwarna hijau dengan daging putih. Daging ini nantinya akan berwarna kuning jika telah matang.

Untuk rujak sendiri memang dipilih mangga muda dengan rasa asam dengan tekstur renyah. Biasanya mangga Indramayu akan dipilih sebagai mangga untuk campuran rujak ini, karena rasanya asam dan teksturnya renyah.

4/ Pepaya mengkal

Pepaya mengkal biasanya ditandai dengan warna kulit yang hijau segar dengan tektur buah yang keras dengan biji berwarna putih. Pepaya ini juga masih bergetah banyak. Memang pepaya mengkal tidak sepopuler pepaya masak, namun teksturnya yang renyah akan sangat cocok jika dipadukan dengan sambal kacang pedas

5/ Jambu air

Kadar air yang tinggi di dalam jambu air dapat membantu mendinginkan tubuh saat cuaca tidak bersahabat (panas), sehingga juga juga cocok dikonsumsi bagi penderita demam untuk menurunkan suhu tubuhnya. Buah ini juga mencegah terjadinya dehidrasi.

Cara pembuatan rujak pun mudah dan tak butuh waktu lama. Kamu bisa membuatnya sebagai sajian berbuka puasa bersama keluarga dengan mengecek resepnya di sini . Jangan lupa membuat Es Mambo Rujak untuk menanggulangi rasa pedas si rujak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.