Masakan Indonesia memang terkenal lezat, namun beberapa daerah di Indonesia termasuk sebagai destinasi wisata kuliner.

Liburan tanpa mencicipi masakan khas suatu daerah memang kurang lengkap. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai masakan khas yang berbeda-beda. Sehingga banyak wisatawan yang selalu ingin mencicipi kuliner khas daerah.

Kalau ENDEUSiast juga ingin melakukan wisata kuliner, tapi masih bingung ingin memulai dari daerah mana. ENDEUSiast bisa mulai dari beberapa daerah berikut ini dengan warisan kuliner yang terkenal paling lezat di Indonesia.

1/ Padang

Hampir semua orang Indonesia tahu bila masakan Padang sangat lezat. Bahkan restoran Padang sudah tersebar di hampir semua wilayah di Indonesia. Kalau ENDEUSiast ingin berwisata kuliner, Padang adalah saltu destinasi wisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi.

Makanan khas Minangkabau ini memang tersedia dalam berbagai macam jenis seperti gulai kepala ikan,gulai ayam, rendang, dendeng balado, dan sebagainya. ENDEUSiast pasti akan ketagihan bila sudah mencicipi masakan Padang langsung di tanah asalnya.

2/ Bandung

Berbicara masalah wisata kuliner, tidak lengkap bila tidak menyertakan kota Bandung. Kota ini adalah surganya kuliner yang ada di Jawa Barat. Ada banyak jenis kuliner yang wajib ENDEUSiast coba misalnya batagor, siomay , mie kocok, karedok, dan lain sebagainya. Selain masakan yang terkenal lezat, Bandung juga mempunyai banyak pusat jajanan, oleh-oleh, dan juga tempat belanja yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

3/ Makassar

Masakan Makassar mungkin tidak setenar masakan Padang ataupun kuliner Bandung. Namun, kuliner Makassar juga termasuk dari salah satu kuliner nusantara yang paling lezat.

Salah satu masakan khas Makassar yang terkenal adalah coto Makassar yang terbuat dari jerohan sapi dan dicampur dengan irisan daging. Yang unik dari coto Makassar ini adalah disajikan dengan menggunakan ketupat dan bumbu-bumbu rempah sehingga aromanya sangat sedap.

4/ Surabaya

Destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi adalah Surabaya. Kota yang berjuluk kota Pahlawan ini mempunyai warisan kuliner yang berbeda dengan daerah-daerah lain. Ada banyak kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan seperti rujak cingur, lontong balap, kupang lontong, rawon, dan lain sebagainya. Makanan khas Surabaya ini termasuk yang susah ditemukan bila sudah di luar Provinsi Jawa Timur.

5/ Yogyakarta

Berwisata kuliner tanpa mengunjungi Yogyakarta rasanya kurang lengkap. Kota ini sudah dikenal luas dengan kulinernya yang unik seperti gudeg, oseng mercon, nasi kucing, tempe bacem, dan lain sebagainya.

Selain mengunjungi tempat wisata yang ada di Yogyakarta, pastikan kalau ENDEUSiast juga mencicipi kuliner khas provinsi ini yang juga susah ditemukan di daerah lain. ENDEUSiast juga bisa membawa pulang beberapa jajanan khas kota ini sebagai oleh-oleh lho.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.