Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan di wilayah Asia Tenggara tentu berbeda satu dengan lainnya. Setiap negara memiliki ciri khas kuliner yang menarik untuk dibahas.

Negara yang termasuk dalam bagian wilayah Asia Tenggara terdiri dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Filipina, Laos dan Brunei. Ke 11 negara tersebut memiliki resep masakan yang menjadi ciri khas dari negaranya. Umumnya masakan yang ada di wilayah Asia Tenggara merupakan pengaruh dari kuliner India dan Cina. Banyak penduduk Cina dan India yang menetap di wilayah Asia Tenggara sehingga terjadilah percampuran kuliner.

Ciri khas dari masakan Asia Tenggara yang perlu diketahui adalah beragamnya penggunaan bumbu dan rempah-rempah untuk memperkuat cita rasa dari masakan, serta ditambah dengan nasi sebagai makanan utama. Untuk lebih jelasnya mari simak ciri khas resep masakan dari setiap negara yang ada di Asia Tenggara.

1/  Indonesia

Negara pertama yang akan dibahas adalah Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini memiliki kekayaan bumbu dan rempah-rempah. Itulah yang menarik dari setiap resep masakan Indonesia. Bukan kuliner Indonesia namanya bila tidak menggunakan bumbu dan rempah-rempah pada proses pengolahannya.

Dalam penyajiannya, masakan Indonesia lebih banyak disajikan dalam suhu panas. Tidak lupa nasi yang merupakan makanan utama orang Indonesia. Jadi apapun makanannya harus ada nasi. seperti misal masakan rawon yang akan lebih enak bila disantap bersama dengan nasi hangat.

2/ Filipina

Dari Indonesia, mari kita pindah ke negara Filipina. Sama dengan Indonesia yang menggunakan nasi sebagai makanan pokoknya, di Filipina nasinya dikukus. Tetapi, terkadang roti juga sering dijadikan makanan utama. Ciri khas dari resep masakan Filipina adalah rasanya yang manis, asam atau asin. Rasa tersebut dari penggunaan saus seperti kecap, cuka maupun jus calamansi dan terkadang bisa juga di campurkan ketiga bahan tersebut.

Untuk bumbunya, kuliner Filipina banyak menggunakan jenis saus ikan, pasta ikan dan jahe. Salah satu kuliner Filipina adalah sinigang yang terbuat dari ikan dan sayuran dilengkapi dengan saus asam.

3/ Malaysia

Kebanyakan resep masakan Malaysia merupakan kombinasi dari kuliner melayu, India dan Cina. Makanan yang paling terkenal di Malaysia adalah nasi lemak. Tidak hanya itu, terdapat kuliner khas Malaysia lainnya yaitu sate yang diolah dengan cara direndam dalam bumbu lalu dipanggang. Setelah itu untuk penyajiannya menggunakan bumbu kacang agar terdapat rasa gurih pada sate.

Sekarang ENDEUSiast sudah tahu apa saja ciri-ciri resep masakan yang ada di berbagai negara di wilayah Asia Tenggara. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.