Cokelat yang biasa kita konsumsi berasal dari tanaman kakao. Udah tau bagaimana tanaman ini bisa menjadi primadona pada masanya?

"

Cokelat memang makanan yang bisa dibilang semua orang menyukainya. Olahannya pun sudah tersedia berbagai macam; cokelat batangan, permen cokelat, hingga minuman cokelat. Kalau kita biasa konsumsi cokelat batangan, siapa sangka justru awalnya cokelat dibuat sebagai minuman.

Tanaman kakao pertama kali ditemukan di benua Amerika oleh suku Aztec. Kemudian menyebar ke Spanyol dan beberapa negara di benua Eropa. Diberitakan oleh Kompas.com , ketika di Spanyol, cokelat yang tadinya dibuat menjadi minuman, dikembangkan menjadi berbagai hidangan lain.

Minuman cokelat dulu diberi nama Chocolatl, yang siap disajikan setelah melewati beberapa langkah pembuatan. Pertama buah kakao dipanggang dalam pot tanah liat, kemudian ditumbuk halus, lalu digiling. Baru dicampur dengan air dan disajikan. Beberapa bahan lain juga dicampurkan ke dalam minuman Chocolatl tersebut hingga rasanya lebih enak lagi. Sebut saja madu, vanila, hingga rempah yang berhasil membuat minuman Chocolatl digilai lagi.

Cokelat dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika zaman penjajahan Belanda sekitar tahun 1880. Jenis biji forastero dan venezuela dibawa oleh Belanda yang kemudian untuk ditanam di Indonesia. Alasannya karena biji kakao pada saat itu dijual sangat mahal, sehingga bisa dibilang tanaman ini merupakan aset yang bagus untuk dibudi dayakan. Menariknya saat ini di Indonesia terdapat banyak tanaman kakao yang tersebar di beberapa wilayah.

Awalnya Belanda tidak tertarik dengan tanaman kakao, karena mereka masih fokus untuk mengurus tanaman teh dan kopi. Namun ketika tanaman kopi dan teh mereka rusak, baru mereka melirik kakao.

Saking berharganya, kakao juga bisa dijadikan sebagai alat tukar (barter) di waktu dulu. Jelas saja semua ingin memiliki biji kakao sebagai harta mereka. Bahkan di masa itu Indonesia menjadi pemasok kakao terbesar di dunia.

Hingga saat ini cokelat merupakan salah satu bahan yang banyak diolah dalam makanan dan minuman. Sebut saja, cokelat batangan, kue cokelat, hingga susu cokelat yang rasanya udah tidak perlu ditanyakan lagi deh endeusnya.

Sekarang hampir semua kalangan menyukai cokelat; baik dari anak kecil hingga orang dewasa. Makanan yang bisa membangkitkan kembali mood kita ini sekarang sudah mudah dijumpai. Tinggal disesuaikan saja olahan dan penyajiannya yang sesuai selera. Juga perlu diperhatikan jenis cokelat yang digunakan serta ada yang menambahkan beberapa kacang-kacangan hingga buah.

Saat ini kita bisa menemukan berbagai produk cokelat olahan lokal yang siap dikonsumsi. Ada beberapa pilihan produsen lokal yang bisa kita temui untuk menikmati produk olahan cokelat buatannya. Jadi, sudah tau kan kalau ternyata Indonesia memiliki sejarah panjang mengenai cokelat hingga saat ini?

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.