Cara Tepat Menyimpan Bumbu Dasar Agar Tahan Lama
Cara Tepat Menyimpan Bumbu Dasar Agar Tahan Lama

Cara Tepat Menyimpan Bumbu Dasar Agar Tahan Lama

Agar tidak keliru, begini cara menyimpan bumbu dasar yang benar supaya bumbu di dapur tahan lama

Bumbu adalah salah satu komponen penting dalam masakan Indonesia. Ada berbagai jenis bumbu yang digunakan dalam masakan Indonesia. Beberapa bumbu yang biasa digunakan adalah bumbu dasar yang terdiri dari bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar putih. Jika disimpan dengan cara yang benar, bumbu dasar ini bisa disimpan dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara penyimpanan bumbu agar tahan lama.

1/ Simpan Bumbu Utuh Dalam Wadah Kering

Bumbu yang masih utuh seperti kayu manis, cengkeh, kemiri sebaiknya disimpan dalam wadah yang kering. ENDEUSiast bisa menggunakan wadah dari plastik yang aman ataupun wadah kaca dengan tutup yang rapat. Selain wadah yang kering, bumbu utuh juga harus disimpan dalam tempat atau wadah tak lembap dan terlindung dari sinar matahari. Kelembapan dan sinar matahari akan membuat bumbu utuh cepat berjamur dan rusak.

2/ Keringkan Bumbu Utuh Sebelum Dimasak

Selain wadah dan tempat penyimpanan, sebaiknya ENDEUSiast memastikan bila bumbu juga dalam keadaan kering. Agar bumbu utuh kering sempurna, ENDEUSiast bisa menjemur bumbu terlebih dahulu di bawah sinar matahari. ENDEUSiast juga bisa menyangrai bumbu agar lebih kering dan lebih awet bila disimpan. Cara ini membantu mengurangi kandungan air pada bumbu.

3/ Masak Bumbu Basah Sebelum Disimpan

Beralih ke bumbu basah atau bumbu dasar merah, putih, dan kuning. Penyimpanan bumbu jenis ini berbeda dengan bumbu yang masih utuh. Setelah bumbu digiling hingga halus, bumbu dasar harus dimasak terlebih dahulu. Proses pemasakan membuat kandungan air dalam bumbu basah berkurang, sehingga bisa lebih tahan lama bisa disimpan.

Selain itu, pemasakan juga membuat bumbu lebih tanak atau masak, sehingga masakan menjadi lebih lezat. Bumbu yang sudah masak, teksturnya tidak terlalu berair, jadi bisa disimpan dalam wadah tertutup seperti toples kaca ataupun wadah plastik dengan tutup yang rapat.

4/ Simpan Bumbu Basah Dalam Kulkas

Setelah bumbu basah sudah matang dan dimasukkan ke dalam toples kaca, bumbu kemudian bisa disimpan dalam kulkas. Bumbu yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan hingga sebulan dengan catatan bumbu sudah dimasak hingga tanak dan tidak terlalu basah. Namun bila bumbu memiliki kandungan air yang banyak, daya simpan bumbunya tidak terlalu lama. Jadi, ENDEUSiast harus segera menggunakannya.

5/ Bekukan Bumbu Basah

Bila ingin bumbu lebih tahan lama, ENDEUSiast bisa membekukan bumbu basah yang sudah matang. ENDEUSiast bisa membekukan bumbu dalam porsi yang cukup untuk satu kali makan. Dengan cara ini, bumbu basah bisa bertahan lebih lama. Selain bumbu basah, bumbu utuh lain seperti lengkuas, serai, dan jahe juga bisa disimpan dengan cara dibekukan agar lebih awet.

Endeustorial

Ikuti Instagram