4 Cara Tepat Mencairkan Makanan Beku Sebelum Diolah, Higienis!
4 Cara Tepat Mencairkan Makanan Beku Sebelum Diolah, Higienis!

Banyak orang yang masih melakukan kesalahan ketika mencairkan makanan beku.

Banyak orang yang masih melakukan kesalahan ketika mencairkan makanan beku. Apakah ENDEUSiast sudah tahu cara yang benar?

Membekukan makanan adalah salah satu cara untuk menyimpan makanan (baik mentah dan matang) agar lebih tahan lama. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan ketika thawing atau mencairkan makanan beku . Bila tidak dilakukan dengan benar, mencairkan makanan beku bisa menyebabkan bakteri tumbuh lebih banyak dan membuat makanan terkontaminasi. Berikut ini beberapa cara mencairkan makanan beku yang benar.

1/ Letakkan di Chiller

Mencairkan makanan, terutama daging, yang beku memang membutuhkan waktu yang lama bahkan hingga semalaman. Padahal makanan yang sudah dibekukan tidak boleh dibiarkan dalam suhu ruang lebih dari dua jam. Lalu bagaimana cara yang benar?

Cara mencairkan yang benar adalah dengan menurunkan makanan beku dari freezer ke dalam chiller. Hampir semua jenis makanan mentah dan matang bisa dicairkan dengan cara ini. Terutama daging, karena ia tidak pernah berada dalam zona bahaya suhu di mana bakteri tumbuh dengan cepat. Daging juga memiliki lebih banyak waktu untuk menyerap kembali kristal es yang terbentuk di antara serat. Sehingga, tekstur akan lebih baik saat dimasak.

Namun perlu diingat bila semakin keras dan besar ukuran makanan, maka proses thawing juga akan semakin lama. Batas maksimal thawing di dalam chiller adalah 2 x 24 jam, selebihnya makanan sudah tidak layak konsumsi. Mencairkan makanan dengan cara ini bisa mencegah kontaminasi bakteri pada makanan. Sehingga cara ini adalah cara yang paling aman untuk mencairkan makanan beku.

2/ Rendam dalam Air Mengalir

Cara yang mencairkan makanan beku yang kedua adalah dengan merendam dalam air yang mengalir. Cara ini cocok digunakan untuk makanan berkuah seperti sup, saus , dan juga daging yang sudah dipotong kecil-kecil. Pastikan bila makanan tersebut sudah diletakkan dalam kemasan yang rapat seperti plastic untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Mencairkan makanan menggunakan air mengalir lebih baik karena lebih higienis dibanding dengan merendam makanan beku pada wadah. Dengan metode ini, batas maksimal makanan bertahan hanyalah 4 jam saja.

3/ Merendam Makanan di Air Dingin

Metode ini cocok untuk mencairkan frozen food kemasan seperti nugget atau sosis yang memang dirancang lebih higienis daripada bahan segar, karena memang mengandung bahan aditif. Tidak perlu air hangat, ENDEUSiast, melainkan dengan air dingin untuk mencairkan makanan beku. Cara ini juga jauh lebih cepat harus membiarkannya berlama-lama berada di dalam lemari pendingin.

Caranya, siapkan satu wadah berisi air dingin. Masukkan frozen food yang terbungkus ke dalamnya dan rendam hingga kristal es perlahan mencair. Ganti air setiap 30 menit untuk memastikan air tetap dingin. Cairkan dalam waktu sekitar 30-60 menit. Setelah mencair sepenuhnya, ENDEUSiast siap untuk segera memasaknya. Jangan biarkan makanan terlalu lama berada di dalam suhu ruang agar tetap higienis, ya!

3/ Cairkan pada Suhu Ruang

Cara mencairkan makanan yang paling umum adalah dengan meletakkan makanan pada suhu ruang. Mencairkan makanan dengan cara ini hanya boleh dilakukan bila makanan dalam keadaan terbungkus rapat. Jangan menggunakan metode ini untuk mencairkan daging, ikan, dan sayuran karena bisa memicu pertumbuhan bakteri.

Batas maksimal thawing pada suhu ruang hanyalah 30 sampai 60 menit saja. Metode ini bisa digunakan untuk mencairkan makanan ringan seperti kue, donat , roti, dan lainnya.

4/ Dicairkan dengan Microwave

Bila sedang terburu-buru dan tidak ada waktu menunggu semalam, ENDEUSiast bisa mencairkan makanan dengan menggunakan microwave . Cara ini memang bisa mencairkan makanan dengan cepat namun biasanya tidak merata. Selain itu, makanan yang bisa dicairkan dalam microwave juga terbatas mengingat ukurannya yang kecil. ENDEUSiast bisa menggunakan microwave untuk mencairkan makanan jenis ready to eat meal , sosis, dan frozen meal lain.

Hal yang perlu ENDEUSiast ingat adalah, makanan beku yang telah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali di freezer. Tujuannya adalah untuk menghindarkan kontaminasi silang pada makanan.

Oleh karena itu, ambillah frozen food pada porsi tepat untuk diolah. Sisanya, tetap simpan di freezer.

Dalam menyimpan makanan beku, ingat juga untuk memastikan suhu freezer di titik -18 derajat Celcius atau lebih rendah. Sebab, di suhu ini, pertumbuhan bakteri pada makanan akan berhenti. Namun ketika telah mencair, bakteri itu akan hidup kembali dan bahkan bisa berkembang. Itulah sebabnya makanan beku yang telah dicairkan wajib untuk diolah sampai habis.

Endeustorial

Ikuti Instagram