Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng untuk Acara Khusus
Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng untuk Acara Khusus

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng untuk Acara Khusus

Nasi kuning tumpeng biasanya dibuat untuk acara khusus seperti untuk merayakan ulang tahun anak. Simak cara membuat nasi kuning tumpeng berikut

Semua orang pasti mengenal nasi kuning tumpeng. Bentuknya yang unik seperti kerucut ini biasanya dihidangkan pada saat tertentu. Nah, bagi ENDEUSiast yang hendak membuat perayaan acara anak maka bisa menggunakan hidangan yang satu ini. Tidak perlu harus membeli atau memesannya karena sebenarnya ENDEUSiast juga bisa membuatnya sendiri. Justru buatan sendiri akan lebih lezat dibanding membeli dari luar.

Nasi tumpeng yang menarik adalah yang memiliki warna kuning cerah. Namun, untuk membuatnya memang susah-susah gampang. Maka dari itu simak cara membuat nasi kuning tumpeng ini agar terlihat menarik dengan warna kuning cerah.

1/ Nasi Kuning Tumpeng Tidak Keras

Pada awalnya mungkin ENDEUSiast sudah yakin bahwa nasi kuning yang ENDEUSiast buat sudah pulen tetapi setelah dicetak justru menjadi keras. Berarti pada proses pencetakan terjadi kesalahan. Pada saat memasukkan nasi kedalam cetakan harus sangat hati-hati. Bila terlalu ditekan justru akan membuat nasi kuning tumpeng menjadi keras.

Pada saat menariknya pun harus hati-hati karena bila terburu-buru maka nasinya bisa saja hancur. Gunakan daun pisang pada ujung cetakan agar nasi tidak hancur. Selain itu, gunakan pula cetakan khusus tumpeng agar hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

2/ Nasi Kuning Tumpeng Mengkilap

Ini yang menjadi poin penting untuk membuat nasi kuning tumpeng terlihat menarik yaitu dari segi warnanya harus cerah dan mengkilat. Untuk memberikan warna kuning pada nasi ada 2 cara, pertama adalah dengan menggunakan santan yang direbus menggunakan bubuk kunyit dan ditambahkan daun serai dan daun salam. Kemudian campurkan beras ke dalam santan dan mulai diaroni. Cara yang kedua adalah dengan merendam beras di air kunyit, tunggu hingga warnanya berubah menjadi kuning lalu masak seperti biasa.

Untuk memberikan kesan mengkilap pada nasi kuning tumpeng, ENDEUSiast bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampurkan pada saat mengaroni beras atau bisa juga pada saat nasi sudah matang. ENDEUSiast bisa pilih mana yang lebih praktis.

3/ Hias dengan Bahan Segar

Selain warnanya yang mengkilat, nasi kuning tumpeng yang menarik adalah yang dihiasi oleh beragam bahan segar. bahan yang bisa ENDEUSiast gunakan diantaranya adalah tomat, wortel, timun hingga selada. Bentuk dan kreasikan bahan tersebut sekreatif mungkin seperti dibentuk menjadi bunga.

Nah, kini ENDEUSiast sudah bisa membuat nasi kuning tumpeng yang menarik dengan warna kuningnya yang cerah dan mengkilat. Perayaan acara anak pun akan berjalan menyenangkan bila tampilan hidangannya menarik. Selamat mencoba cara membuat nasi kuning tumpeng ini di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram