Garam menjadi kunci masakan Indonesia. Namun, bagaimana cara menyimpan garam agar kandungan nutrisi dan kualitas tetap terjaga? Simak cara berikut!

Siapa yang tidak kenal garam? Bahan satu ini merupakan unsur penting dalam setiap pembuatan masakan Indonesia sehari hari. Selain mengasinkan, ia juga memiliki manfaat lain lho.

Dalam garam terdapat kandungan yodium yang menyehatkan dan melezatkan. Namun, kandungan ini mudah rusak bila garam disimpan secara tidak benar. Hal ini juga berpengaruh pada kenikmatan masakan.

Tapi jangan khawatir. Berikut ada tips menyimpan garam supaya masakan jadi lebih lezat. Simak yuk!

1/ Pindah Garam ke Tempat Baru

Jangan gunakan plastik atau bungkus kemasan ketika menyimpan garam. Selain karena tidak enak dan sedap dipandang mata, keduanya tidak bisa menjaga kualitas dan kandungan sehat dari si garam, jadi pindahkan garam ke tempat lain.

Untuk wadahnya, bisa menggunakan bahan apapun seperti keramik, plastik, kaca, dan bahan lain yang kokoh. Namun utamakan yang tidak tembus cahaya atau transparan. Dengan cara ini juga garam akan kedap udara dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

2/ Tutup Rapat Wadah

Kebiasaan kecil seperti ini sangat krusial untuk menjaga garam yang bagus. Setelah memakai, pastikan wadah tertutup rapat dan kedap udara. Namun ingat jangan terlalu kencang, bisa jadi ENDEUSiast kesulitan membukanya nanti. Tutup sewajarnya asal isi terhindar dari kontaminasi luar.

3/ Simpan di Wadah Kering

Ingat untuk selalu menjaga wadah garam kering dan terbebas dari air. Ketika memasak, ENDEUSiast membutuhkan garam, bukan air garam. Pastikan ketika mengisi ulang, wadah yang digunakan tidak lembab. Namun ingat, kering bukan berarti harus dijemur dan terpapar sinar matahari. Hal terpenting adalah tidak ada titik air yang membuat genangan.

4/ Siapkan Sendok Khusus

Kalau ENDEUSiast masih menggunakan sendok seadanya untuk mengambil garam, maka sebaiknya hal tersebut dihilangkan. Sendok yang berair maupun panas harus dihindari ketika mengambil garam dan itu bisa terjadi jika ENDEUSiast mengambil garam dengan sendok sembarangan. Jadi sebaiknya gunakan sendok khusus. Tidak ingin bukan yodiumnya malah rusak?

5/ Simpan di Tempat Sejuk

Ingat selalu untuk tidak menyimpannya di tempat yang dapat terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, jangan simpan di dekat kompor, baik di atas maupun di samping. Panas dari kompor bisa membuat garam mudah cair dan yodium menjadi rusak. Oleh karena itu dianjurkan untuk menaruh di tempat sejuk, kalau perlu di rak yang agak tertutup.

Kalau semua metode penyimpanan ini ENDEUSiast sudah diterapkan, maka silahkan bersantai karena garam yang ENDEUSiast gunakan sudah terjaga kualitasnya. Masakanmu akan terus dan bertambah lezat seiring waktu. Mantab bukan?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.