Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Malas masak karena sering bergumul dengan wajan lengket?! Ada cara khusus menangkal ‘kelengketan’ dan bisa menghasilkan masakan yang lebih baik.

Peralatan masak seperti wajan memang rentan untuk membuat masakan lengket ke dasarnya. Oleh karena itu orang sering membeli wajan anti lengket. Namun bila ENDEUSiast memiliki wajan baja tebal dan wajan carbon steel di rumah sering perlu teknik khusus untuk merawatnya. Salah satunya dengan Seasoning .

Seasoning adalah proses menambahkan lemak pada wajan agar wajan tidak mudah berkarat saat disimpan masakan tidak lengket. Pelapisan ini juga membantu agar wajan mudah dibersihkan. Bahkan saat wajan mulai lengket lagi, ENDEUSiast bisa melakukan pelapisan sendiri lagi. Mau tahu caranya?

Sebelum melakukan seasoning , siapkan dahulu wajan yang sudah bersih dan kering. Buka ventilasi dapur karena seasoning akan membutuhkan panas tinggi dan asap yang dihasilkan juga banyak. Kalau semua siap, silahkan ikuti langkah berikut berdasarkan bahan wajan yang digunakan.

1/ Wajan Baru

Biasanya wajan baru memiliki lapisan pelindung khusus dari pabrik. Pelindung ini berfungsi agar wajan tidak lecet saat pengiriman dari pabrik hingga ke konsumen. Oleh karena itu, bila baru membeli wajan sebaiknya panaskan terlebih dahulu hingga sedikit berasap. Cuci dengan air hangat yang dicampur dengan sabun. Bilas, lalu keringkan kembali di atas api hingga benar-benar kering. Setelah itu wajan siap untuk seasoning .

2/ Wajan Baja Tebal

Wajan tebal atau iron cast dari baja hitam rentan karat. Saat seasoning harus dipanaskan di atas api besar hingga berasap dan sedikit berwarna kecoklatan. Tuang satu sendok makan garam lalu gosok dengan kain bersih. Atau gunakan sikat panci yang terbuat dari aluminium. Diamkan hingga dingin, lalu oleskan dengan minyak sayur di seluruh permukaan wajan sebelum disimpan. Jangan siram dengan air dingin karena lapisan bajanya akan rusak dan mudah karat.

3/ Wajan Carbon Steel

Wajan berbahan carbon steel, permukaannya dilapisi dengan stainless steel . Walau tahan karat, seasoning akan membuat permukaannya tidak lengket saat memasak. Panaskan dengan api sedang hingga sedikit berasap. Lilitkan kain pada capitan, oleskan pada kain mentega putih atau gajih. Gosokkan pada permukaan wajan sambil dipanaskan, hingga lemak menutupi seluruh bagian wajan. Panaskan kembali hingga minyak atau lemak lumer, lap dengan kain kering atau tisu dapur. Diamkan hingga dingin, lalu simpan.

4/ Wajan Berlapis Aluminium

Panaskan di atas api sedang lalu oleskan dengan minyak menggunakan kain. Panaskan kembali di atas api sedang sambil dilap dengan tisu dapur atau kain kering. Angkat dari panas, diamkan hingga dingin simpan. Simpan dalam ruangan atau lemari bersuhu ruang dan kering.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.