Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kulkas adalah barang elektronik tenaga listrik yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Maka harus di rawat supaya awet dan hemat listrik.

Kulkas merupakan barang elektronik yang sering ditemui. Kulkas menjadi barang elektronik yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menyimpanan makanan supaya segar dan awet di dalam kulkas. Hal ini tentunya sangat berguna karena jika kita belanja, belanjaan kita bisa digunakan untuk memasak beberapa hari ke depan. Selain itu, kita juga bisa menyimpan makan yang tidak habis untuk dipanaskan kembali hari berikutnya.

Kulkas merupakan barang elektronik yang mengubah energi listrik menjadi dingin. Terkadang kita terlalu sibuk melakukan aktivitas sehingga tidak merawat kulkas. Kulkas yang tidak dirawat atau cara merawatnya salah dapat menyebabkan kulkas cepat rusak dan menggunakan terlalu banyak energi listrik. Berikut ini adalah cara merawat kulkas supaya awet dan hemat listrik.

1/Menutup pintu kulkas dengan rapat

Pada beberapa jenis kulkas sudah menggunakan pintu otomatis yang dapat menutup sendiri. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita memastikan bahwa pintu kulkas sudah tertutup dengan rapat. Suhu di dalam kulkas lebih dingin dibanding suhu di luar kulkas. Jika pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat maka dapat menyebabkan kebocoran udara.

2/ Mengisi kulkas sesuai kapasitas

Ketika ingin membeli kulkas sebaiknya sesuaikan kapasaitas kulkas dengan kebutuhan kamu. Jangan menyimpan terlalu banyak makanan dan minuman di kulkas. Semakin banyak barang yang disimpan di kulkas, maka suhu di kulkas semakin berkurang dinginnya. Sebaiknya jangan menyimpan makanan atau minuman yang berat di pintu kulkas, karena akan membuat kulkas cepat rusak.

3/Hindari menaruh makanan yang masih panas

Sebaiknya kamu tidak menaruh makanan yang masih panas seperti bakso dan sop ke dalam kulkas, terutama jika wadah makanan tersebut terbuat dari kaca. Perubahan yang drastis dari panas ke dingin dapat membuat wadah retak bahkan pecah. Efek pada kulkas saat menyimpan makanan panas, yaitu suhu di dalam kulkas akan kacau sehingga kulkas harus bekerja lebih keras untuk membuat suhu tetap dingin.

Sebaiknya sebelum kamu memasukan makanan yang panas ke dalam kulkas, kamu meletakan makanan tersebut di luar kulkas sampai suhunya sama seperti suhu ruangan.

4/Hindari membuka kulkas saat listrik padam

Jika di tempat tinggal kamu sering mengalami listrik padam, sebaiknya kamu jangan terlalu sering membuka kulkas pada saat pemadaman listrik berlangsung. Kulkas dapat mempertahankan suhunya hingga 24 jam meskipun listrik padam. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering membuka kulkas saat listrik padam. Akan lebih baik lagi jika kamu membuka kulkas pada saat listrik sudah menyala.

5/Matikan kulkas jika tidak terpakai

Jika kamu akan bepergian jauh dengan waktu yang cukup lama misalnya saat mudik kamu bisa mematikan kulkas. Cara untuk mematikan kulkas yaitu kosongkan semua isi kulkas, bersihkan bunga es dan cabut aliran listrik. Selain menghemat listrik, cara ini juga dapat mengistirahatkan kulkas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.