Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Menyimpan sayuran ke dalam kulkas dapat membuat sayuran menjadi lebih awet. Akan tetapi anda harus menyimpannya dengan benar supaya tidak cepat busuk.

Sayur merupakan makanan yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang mengkonsumsi sayuran. Selain bergizi, sayuran memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan daging. Akan tetapi jangan salah, banyak olahan sayuran yang rasanya tidak kalah dengan olahan daging seperti jika dimasak dalam bentuk lumpia , siomay dan sebagainya.

Terkadang saat menyimpan sesuatu ke dalam lemari es kita sering meletakkannya sembarangan. Isi kulkas yang penuh membuat kita mencampur berbagai benda ke dalam lemari es. Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa meletakan benda sembarangan ke dalam kulkas tidak apa-apa karena kulkas tetap membuat benda yang kita simpan menjadi lebih tahan lama.

Kita biasanya menyetok sayuran ke dalam kulkas supaya jika kita ingin memasak tinggal mengambil ke dalam kulkas. Akan tetapi karena kesibukan kita menaruh sayuran secara sembarangan lalu lupa untuk memasaknya. Setelah beberapa hari kemudian saat kita ingin memasaknya sayuran ternyata telah membusuk. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara menyimpan sayuran yang tepat di dalam kulkas sehingga sayuran lebih awet.

1/ Menyortir Sayuran

Ketika membeli sayuran di pasar pasti sayuran yang dibeli tidak satu jenis melainkan bermacam-macam. Sebelum dimasukan ke dalam kulkas, pisah-pisahkan dahulu sayuran ENDEUSiast berdasarkan jenisnya.

Setelah itu, pisahkan antara sayuran yang masih segar dan sayuran yang mulai layu. Gunting daun sayuran yang berwarna kuning atau yang telah layu lalu dibuang. Akar pada sayuran juga sebaiknya dipotong dan dibuang supaya kualitas sayur tetap segar.

2/ Jangan Mencuci Sayuran

Sebagian orang mungkin akan mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum memasukan sayuran ke dalam kulkas supaya kulkas bersih. Akan tetapi hal tersebut keliru. Jika kita mencuci sayuran sebelum dimasukan ke dalam kulkas maka akan mempercepat proses pembusukan sayuran. Air akan menyebabkan bakteri pada sayuran lebih mudah berkembang biak.

3/ Melapisi Sayuran

Suhu yang lembab pada kulkas dapat membuat sayuran cepat membusuk. Oleh sebab itu, sebaiknya sayuran dilapisi dengan kertas atau tisu sebelum anda menyimpannya di kulkas. Anda juga bisa menyimpan sayuran menggunakan plastik atau zip lock yang telah dilubangi. Benda-benda tersebut dapat mencegah udara lembab masuk ke dalam sayuran.

4/ Jangan Menaruh Sayuran Dekat dengan Buah

Usahakan menyimpan sayuran tidak dalam satu rak dengan buah-buahan. Buah-buahan tetap mengeluarkan gas etilen meskipun di dalam suhu yang dingin. Gas etilen merupakan gas yang dapat membuat buah menjadi matang. Sayur yang terkena gas etilen akan cepat busuk.

5/ Periksa Sayuran secara Berkala

Jika anda sudah melakukan tips-tips di atas, anda tetap harus memeriksa sayuran secara berkala. Jika terdapat sayuran yang busuk segeralah pisahkan dengan sayuran yang lainnya. Hal ini dilakukan supaya sayuran yang lain tidak ikut membusuk.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.