Bingung mengapa Es Pisang Ijo lekas basi? Untuk menghindarinya, perhatikan cara penyimpanan saus santan pendamping sajian segar ini.

Santan telah menjadi salah satu bahan yang tak bisa terpisahkan dari kuliner Indonesia. Santan hampir bisa digunakan untuk memasak hidangan utama hingga pencuci mulit. Beberapa hidangan seperti es pisang ijo, rendang, Pepaya Puding Santan , Kikil Kuah Santan tak akan lengkap tanpa si santan yang gurih ini.

Salah satu hidangan yang menggunakan santan adalah es pisang ijo. Es pisang ijo yang manis ini biasanya akan disajikan dengan kuah santan nan gurih. Kebanyakan penjual memisahkan kuah santannya, karena memang santan rentan sekali basi. Bagaimana cara menyimpan santan yang benar?

Menyimpan Santan Segar

Salah satu kunci untuk membuat makanan yang sedap adalah memastikan semua bahannya fresh. Salah satunta es pisang ijo. Es pisang ijo juga akan lebih segar jika menggunakan santan yang baru dan fresh, namun jika santan tidak disimpan dengan tepat kesegarannya akan hilang. Sebaiknya santan segera diolah saat dibeli. Namun, jika memang terpaksa ada santan yang tersisa masukkan santan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Biasanya santan akan bertahan 3-4 hari jika penyimpanannya benar.

Masukkan santan ke dalam wadah yang kedap udara dan kering. Masukkan santan ke dalam feezer jika ingin santan bertahan lebih lama, namun sebelumnya panaskan santan dahulu dengan membubuhi sedikit garam. Biarkan hingga meletup tanpa diaduk, lalu tuang santan yang telah dingin ke dalam wadah kedap udara. Berikan label dan tanggal santan dimasukkan dalam freeser.

Anda juga bisa menyimpan santan ke dalam plastik kecil, sehingga saat membutuhkan santan dalam jumlah kecil ENDEUSiast bisa mengambil 1 kantong plastik tanpa perlu membuka tutup wadah penyimpanan. Pastikan santan telah membeku dan saat ingin menggunakannya, simpan dahulu ke dalam wadah chiller selama 24 jam.

Hndari membuka wadahnya agar tak terkontaminasi udara luar. Terlebih santan juga mampu menyerap aroma dari makanan disekitarnya seperti terasi atau bawang. Jadi jangan heran jika es pisang ijo yang dikonsumsi nanti memiiki rasa terasi atau bawang.

Menyimpan Santan Kemasan

Jika ditanya apa perbedaan santan kemasan dan santan segar adalah santan kemasan lebih mudah disimpan dan lebih tahan lama, karena telah melalui proses dari pabarik. Santan kemasan cenderung aman disimpan dalam suhu ruang saat masih tersegel. Santan kemasan ini tahan hingga batas kadalurasa yang telah ditetapkan. Saat telah dibuka dan tersisa, sebaiknya santan kemasan segera dipindahkan ke dalam wadah kedap udara dan sebaiknya habiskan dalam jangka waktu 2 minggu.

Membeli Secukupnya

Saat ingin menggunakan santan, sebaiknya beli santan sesuai kebutuhan. Es pisang ijo biasanya tidak membutuhkan kuah santan yang banyak, sehingga ENDEUSiast dapat membelinya dalam jumlah sedikit. Berbeda saat ENDEUSiast membeli santan untuk memasak sayur lodeh maka santan yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.