Bagaimana cara menyimpan kepiting dengan baik dan benar supaya kepiting tetap segar saat di masak nanti?

Ketika berencana untuk memasak kepiting, tentu ENDEUSiast harus terlebih dahulu memilih kepiting di pasar atau di supermarket dan harus menyimpannya jika tidak ingin segera memasak setelah membeli kepiting. Tentu ENDEUSiast berharap bahwa kepiting yang ENDEUSiast beli dapat bisa tetap segar dan tahan lama sampai saatnya dimasak nanti.

Jika tidak tahu bagaimana cara menyimpannya, bisa jadi ENDEUSiast justru membuat kepiting ENDEUSiast cepat berbau atau tidak dapat dikonsumsi lagi. Sayang bukan?

Seorang Chef bernama Albert Wijaya yang juga adalah seorang CEO dari The Holy Crab menjelaskan bahwa penyimpanan kepiting yang tidak tepat dapat mempengaruhi umur simpan kepiting tersebut, atau dengan kata lain kepiting menjadi tidak bisa tahan lama dan rasanya akan berubah.

1/ Bersihkan Kepiting

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyimpan kepiting adalah ENDEUSiast harus membersihkan kepiting terlebih dahulu. Hal ini juga dilakukan supaya proses penyimpanan tidak mengubah rasa dan kualitas dari kepiting segar yang ENDEUSiast beli.

Jika ENDEUSiast tidak membersihkan kepiting, bakteri-bakteri pada kepiting yang belum dibersihkan akan menggerogoti bagian daging kepiting dan merusak kualitas kepiting dan membuat kepiting jadi cepat busuk. ENDEUSiast harus memastikan bahwa kepiting benar-benar bersih, terutama pada bagian dalam cangkangnya.

2/ Rebus Setengah Matang

Setelah kepiting dibersihkan, sebaiknya ENDEUSiast merebus kepiting sampai setengah matang, atau ENDEUSiast juga bisa merebusnya hingga matang.

3/ Simpan di Freezer bukan di Chiller

Setelah kepiting direbus, ENDEUSiast bisa membungkus kepiting dengan plastik kemudian menyimpannya di dalam freezer. Ingat, ENDEUSiast harus menyimpan kepiting dalam freezer supaya kepiting beku dan semakin awet. Jangan hanya menyimpan kepiting di dalam chiller saja.

Tiga cara penyimpanan kepiting tersebut dijamin akan membuat kepiting yang ENDEUSiast beli menjadi tahan lama dan memiliki kualitas yang sama yaitu segar dan rasanya lezat.

Tapi, bagaimana jika yang hendak ENDEUSiast simpan adalah kepiting yang masih hidup? Adakah tips untuk menyimpan kepiting hidup? Jawabannya, ada!

Jika ENDEUSiast tidak segera memasak kepiting hidup yang ENDEUSiast beli, ENDEUSiast bisa menyimpannya di dalam chiller dengan memberi es di bagian bawah kotak tempat ENDEUSiast meletakkan kepiting. Setelah itu, masukkan kotak tersebut di dalam kulkas. Selama disimpan dalam kulkas, pastikan kotak tempat kepiting tertutup rapat untuk menjaga udara di dalamnya tetap dingin dan mencegah kepiting keluar dari kotak.

Catatan penting bagi ENDEUSiast adalah jangan meletakkan kepiting langsung di atas es batu, karena es batu bisa mencair dan kepiting pun akan mati seiring dengan proses mencairnya es batu tadi.

Bagi ENDEUSiast yang kebingungan mencari resep masakan kepiting, berikut ini adalah resep dari Endeus.tv yang bisa menjadi referensi ENDEUSiast dalam memasak :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.